manfaat sedekah anak yatim

10 Manfaat Sedekah Anak Yatim Bikin Hati Auto Adem

Menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan yang dianjurkan. Maka, sangatlah baik kalau hal ini dipraktikkan, apalagi kalau didasarkan pada kecintaan kepada Allah Ta’ala. Ukhti bisa menuai banyak manfaat nantinya. Apa saja manfaat sedekah anak yatim itu?

Salah satu manfaat sedekah anak yatim adalah menambah pahala. Dengan menyantuni anak yatim, berarti kita telah menyenangkan hati mereka. Kita juga turut meringankan kesulitan mereka. Inilah yang dapat bernilai pahala di sisi Allah Ta’ala. 

Pada prinsipnya, barangsiapa menginfakkan hartanya karena Allah Ta’ala maka akan diberi balasan pahala. Hal ini sebagaimana yang diterangkan dalam QS Al-Baqarah ayat 274.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS Al Baqarah : 274)

Masih ada manfaat sedekah anak yatim lainnya yang perlu disimak. Jika tertarik, ukhti juga bisa membaca Manfaat Surah Maryam Untuk Ibu Hamil.

10 Manfaat Sedekah Anak Yatim Yang Jarang Diketahui 

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Jika sedekah diniatkan karena Allah Ta’ala, maka hal ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Ini adalah manfaat sedekah anak yatim yang utama. 

Tapi, gimana kalau saya tidak bisa bersedekah dengan uang?

Sesungguhnya ukhti bisa menyedekahkan apapun, seperti ilmu, perlindungan, pendampingan, kasih sayang, bahkan senyuman kepada anak-anak yatim. Jadi jangan ragu untuk berbuat baik kepada anak yatim ya, ukhti. 

“Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS Ali-Imran: 92) 

2. Berdampingan dengan Rasulullah SAW di surga

Diantara manfaat sedekah anak yatim adalah merekatkan seorang muslim dengan Rasulullah SAW di surga kelak. 

Menukil salah satu sabda Rasulullah SAW, disebutkan bahwa jarak kita dengan beliau hanya seperti jari telunjuk dan jari manis saja (sangat dekat). 

Barangsiapa yang menanggung (mengasuh) dan menjamin kehidupan anak yatim, kelak di surga akan berdampingan dengan Rasul laiknya dua jemari (yaitu jari telunjuk dan jari manis).

3. Melembutkan hati

Tahukah ukhti bahwa salah satu manfaat sedekah anak yatim adalah melembutkan hati? Hati yang keras bisa menjadi lunak kalau kita menyayangi anak yatim. 

Dulu pernah ada seorang lelaki yang mengadu kepada Nabi Muhammad SAW, “Nabi, hati saya keras. Berkali-kali menerima nasihat, tak pernah saya laksanakan. Saya mohon petunjuk agar hati saya lembut.

Kemudian, Rasulullah SAW menjawab, “Kamu mesti menyantuni anak yatim dan usaplah kepalanya.

Demikianlah menyantuni anak yatim dan mengusap kepalanya  (dengan telapak tangan kita sendiri) bisa menjadi perantara untuk melunakan hati kita yang keras. Tentu saja hal ini bisa terjadi atas seizin Allah SWT. 

4. Melancarkan rezeki

Lancarnya rezeki juga bagian dari manfaat sedekah anak yatim. Ketika seorang muslim menyantuni anak yatim, maka rezekinya tidak akan berkurang, justru bertambah. Sebab, Allah SWT akan membukakan pintu rezeki bagi orang tersebut.

Tapi, alangkah baiknya jika kita memberi sedekah dengan niat karena Allah Ta’ala semata. Bukan untuk memperbanyak kekayaan atau mencari keuntungan. Bukankah ridho Allah jauh lebih baik daripada harta duniawi ? 

5. Menjauhkan seorang muslim dari siksa api neraka

Dikutip dari NU Online dari Nazaatul Majlis (hal. 148-149), terdapat kisah tentang manfaat sedekah anak yatim yang jarang diketahui orang.

Dulu, ada seorang lelaki yang suka bermaksiat. Suatu ketika, pada tanggal 10 Muharram, ia bertemu dengan anak yatim yang pakaiannya compang-camping. Ia pun memberikan pakaian kepada anak yatim tersebut. 

Kemudian, pada malam harinya  ia bermimpi bahwa orang yang suka bermaksiat tersebut diseret ke neraka oleh malaikat. Lalu, anak yatim tersebut menghadang dan berkata, “Hai malaikat, lepaskan orang ini!”. Anak yatim tersebut berkata lagi, “Lepaskanlah karena dia sudah memberiku pakaian”. 

Tiba-tiba terdengar suara yang mengatakan, “Lepaskanlah karena dia seseorang yang memuliakan anak yatim”. Akhirnya, orang tersebut tidak jadi masuk neraka. 

Dari sini kita bisa menyimpulkan, bahwa dengan menyantuni anak yatim kita bisa terbebas dari siksa neraka.

Nabi Muhammad SAW bersabda, sedekah dengan nilai berapa pun dapat menjauhkan seseorang dari api neraka. Semakin banyak sedekah yang dilakukan, semakin jauh pula jarak dengan pintu neraka.

6. Menyempurnakan kebaikan

Manfaat sedekah anak yatim yang berikutnya adalah menyempurnakan kebaikan. Dijelaskan dalam Al-Qur’an pada Surah Ali-Imran ayat 92:

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS Ali-Imran :92)

Apapun jenis santunan yang kita berikan, di bulan apapun itu, semuanya baik. Jadi, ukhti tidak perlu memikirkan soal waktu. Demikian pula, ukhti boleh memberikan sedekah dalam bentuk apapun, berapapun jumlahnya, disesuaikan dengan kemampuan ukhti. 

7. Mengajarkan empati dan bertutur kata baik

Manfaat sedekah anak yatim lainnya adalah mengajarkan diri arti empati dan bertutur kata baik. Ketika kita menyedekahkan sesuatu, kita dianjurkan untuk menyampaikannya dengan tutur kata yang baik.

Penjelasan ini terdapat dalam Surah An-Nisa ayat 8 :

“Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim, dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekadarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.” (QS An-Nisa : 8)

8. Menghilangkan rasa khawatir dan kesedihan

Manfaat sedekah anak yatim yang berikut ini dijelaskan dalam QS Al-Baqarah ayat 274.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS Al Baqarah : 274)

Memang pada ayat ini tidak disebutkan secara spesifik jenis sedekah yang dimaksud. Tapi, kita dapat memahami bahwa suatu perbuatan menafkahkan harta adalah amal yang berpahala.

Orang yang melaksanakannya akan terhindar dari kekhawatiran sekaligus kesedihan. Keutamaan ini ditetapkan Allah SWT untuk hamba-Nya yang melakukan sedekah baik secara tersembunyi maupun terang-terangan, di saat siang maupun malam hari. 

9. Mengajarkan tolong menolong

Seorang muslim yang menyantuni anak yatim, hatinya menjadi lembut dan terbiasa untuk menolong sesama. Inilah manfaat sedekah anak yatim, yaitu mengajarkan kepedulian. 

Bagusnya, seseorang tidak hanya diajarkan untuk peduli, tapi juga beraksi secara nyata (bersedekah). Dengan demikian, kepedulian itu tidak sebatas “rasa” saja, tapi juga diwujudkan dalam tindakan yang berdampak – bagi anak-anak yatim.

10. Meningkatkan syukur 

Manfaat sedekah anak yatim yang berikutnya adalah meningkatkan rasa syukur. Sedekah sendiri merupakan cara untuk bersyukur atas karunia Allah yang sudah dinikmati selama ini. Artinya, dengan rajin menyantuni anak yatim, maka kita pun akan menjadi pribadi yang mudah bersyukur kepada Allah Ta’ala. 

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat sedekah anak yatim yang jarang diketahui orang. Sesungguhnya, Rasulullah SAW sangat menyayangi anak yatim, maka sangatlah baik kalau ukhti turut memuliakan anak yatim. Yuk, praktekkan bersama-sama. Insya Allah berkah!

Check Also

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah, Ada Kisah Asiyah Istri Fir’aun

Ada banyak kisah nyata Islami penuh hikmah yang bisa disimak. Pada artikel ini, ukhti diperkenalkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × one =