Tips Jaga Imunitas LaraHijab

Cegah Penyakit dengan 5 Tips Jaga Imunitas Ini!

Ukhti, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi tantangan tersendiri pada masa sekarang. Bukan saja karena patogen (kuman penyebab penyakit/infeksi) tersebar dimana-mana, tapi juga karena patogen bermutasi dengan cepat sehingga tubuh belum tentu kuat menangkalnya. 

Saat imunitas tubuh sedang lemah, patogen bisa menyerang dan mengganggu kesehatan tubuh. Cara penyebarannya bisa melalui makanan terkontaminasi, kontak dengan orang atau benda terkontaminasi maupun luka terbuka. 

Karena itulah, kita sebaiknya meningkatkan imunitas. Hal ini agar kita tidak mudah terserang penyakit. Biar lebih semangat, mari simak pengalaman sahabat LaraHijab berikut ini ya.

Cerita Sahabat LaraHijab

Baru-baru ini, salah seorang sahabat LaraHijab curhat mengenai kondisi tubuhnya yang mudah terserang penyakit. Dari yang kami ketahui, ia  sering mengeluh sakit kepala, batuk, flu, demam dan beragam keluhan kesehatan lainnya. Padahal, secara kasat mata ia nampak sehat dan tidak lesu lho. Ternyata, daya tahan tubuh memang tidak bisa dinilai dari luarnya saja.

Sebagaimana yang kita tahu, banyak hal dapat menyebabkan penyakit.  Pada kasus sahabat LaraHijab ini, penyebabnya adalah jarang berolahraga dan tidak rutin mengonsumsi suplemen/multivitamin. 

Tak hanya itu, sahabat LaraHijab ini juga sering menunda makan, bahkan tidak mengonsumsi menu seimbang. Padahal, makan tepat waktu dan pemenuhan nutrisi tubuh sangat penting untuk kesehatan lho. 

Sahabat LaraHijab ini juga memiliki kebiasaan tidur yang tak teratur. Alhasil, ia jarang memperoleh kualitas tidur yang maksimal. Apakah ukhti memiliki kebiasaan yang sama? Adakah keluarga ukhti menerapkan pola hidup yang kurang sehat seperti ini?

Tenang saja, berikut LaraHijab bagikan kiat-kiat untuk meningkatkan imunitas ya. Baca sampai tuntas. 

Tips Jaga Imunitas Agar Tidak Gampang Sakit

1. Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup

Tips pertama yang bisa ukhti lakukan untuk menjaga imun tubuh adalah minum air putih. Air putih menawarkan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya membantu membersihkan kotoran dari dalam tubuh. 

Upayakan selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup ya, agar fungsi tubuh dan fungsi imun terjaga dengan baik. 

Berbincang soal manfaat air putih, ada lagi nih yang menarik untuk diketahui. Ternyata, air membantu membawa O2 ke sel-sel tubuh lho. Hal ini memberi dampak yang positif bagi kelancaran fungsi tubuh. Selain itu, air putih juga bantu mendukung penyerapan nutrisi sehingga daya tahan tubuh pun meningkat. 

Bila kebutuhan cairan terpenuhi, produksi air liur dan produksi cairan pada organ tubuh juga menjadi lebih maksimal. Lebih lanjut, hal ini dapat membantu meminimalisasi kotoran, bakteri, maupun parasit penyebab penyakit ataupun infeksi. 

2. Berolahraga Secara Teratur

Dikutip dari Selecthealth, olahraga merupakan salah satu opsi terbaik untuk membangun kekebalan tubuh. Itu karena olahraga dapat membantu penyebaran sel darah putih yang berperan sebagai antibodi tubuh. Olahraga juga mendukung proses pengeluaran bakteri dari paru-paru.

Ukhti tak perlu bingung, ada banyak pilihan olahraga yang mendukung imunitas. Bila tidak cocok dengan olahraga intensitas tinggi, maka ukhti dapat mempertimbangkan beberapa pilihan olahraga berikut.

  • Senam 
  • Jalan kaki
  • Jogging
  • Trampolin
  • Bersepeda
  • Aktivitas training yang berfokus pada kekuatan, seperti angkat beban.

3. Tes Antibodi

Terdengar kurang penting, tapi sebetulnya melakukan tes antibodi atau cek imun merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah resiko penyakit. Dengan mengetahui seberapa kuat sistem kekebalan tubuh, maka kita dapat melakukan langkah-langkah preventif tepat waktu sebelum penyakit menyerang. 

Tes Antibodi SARS Cov2

Ini merupakan tes untuk mengukur antibodi tubuh terhadap Covid-19. Tes ini biasa disebut ECLIA, kependekan dari Electro Chemiluminescence Immunoassay. Tes ini menggunakan pemeriksaan laboratorium imunoserologi pada sebuah alat autoanalyzer untuk mengetahui antibodi tubuh terhadap SARS-Cov-2. 

CBC 

CBC merupakan cara lainnya untuk mengecek imunitas. Tes ini mengukur sel darah merah, sel darah putih, hemoglobin dan sebagainya. Melalui tes ini dapat diketahui (kurang lebih) bagaimana kondisi kekebalan tubuh ukhti pada saat itu.

4. Pola Makan Seimbang

Tips Jaga Imun LaraHijab

Orang yang kekurangan gizi biasanya lebih mudah terserang penyakit. Karena itulah, sebaiknya kita mulai memperhatikan asupan nutrisi dari sekarang. Hal ini bisa dimulai dari pola makan seimbang. 

Pola makan seimbang adalah pola makan yang memperhatikan komposisi jenis makanan dan porsi makanan yang cukup (tidak berlebihan dan tidak pula kurang). Kita bisa mengikuti pedoman gizi seimbang yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI berikut ini. 

  • Mengandung makanan pokok
  • Lauk pauk kaya protein
  • Terdapat buah dan sayur
  • Harus disertai dengan rasa syukur kepada Allah SWT 

5. Konsumsi Suplemen

Tips Jaga Imun LaraHijab

Cara menjaga imunitas berikutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen membantu menyediakan nutrisi dan multivitamin yang terkadang sulit didapat melalui makanan saja. 

Jangan bingung, kita bisa mengonsumsi Redoxon. Dari sekian produk suplemen yang ada, Redoxon adalah salah satu suplemen yang menjadi pilihan terbaik. Itu karena Redoxon pernah menyabet penghargaan Most Widely Used Brand Multivitamin pada tahun 2012. Dengan begitu, kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Nah, itulah 5 tips menjaga imunitas tubuh. Bagaimana, siapkah menerapkan kiat-kiat di atas?

Mulai sekarang, jangan abai lagi terhadap kekebalan tubuh ya ukhti. Memang sih, tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh alami yang siap melawan penyakit. Namun, bila tidak didukung dengan upaya yang maksimal, maka daya tahan tubuh bisa kewalahan melawan patogen yang terus menyerang. Jadi, ayo lakukan tips di atas agar daya tahan tubuh terjaga! 

Check Also

Quotes Islami

30+ Quotes Islami Tentang Cinta, Motivasi, dan Kehidupan

Ukhti, bahagia itu terdiri dari banyak versi. Ada yang mengasosiasikannya dengan ketakwaan, keluarga, kekayaan, pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eight − five =