Tips Memilih Kerudung Segiempat

5 Tips Memilih Kerudung Segiempat, Catat Ya!

Dari sekian jenis model, kerudung segiempat adalah yang paling banyak diminati. Ukurannya yang bervariasi dan sifatnya yang mudah dibentuk menjadi kelebihan yang jarang dijumpai pada model lain. Wajar bila kerudung segiempat punya tempat spesial di hati kaum Hawa. 

Tapi, memilih kerudung segiempat tidak bisa dilakukan sembarangan. Nanti saat dipakai malah terasa tidak nyaman atau bikin gerah. Biar tidak salah pilih, simak tips memilih kerudung segiempat berikut. Catat ya!

Cara Memilih Kerudung Segiempat, Biar Gak Salah Lagi!

Tips Pertama: Pilih Bahan yang Adem

Tips memilih kerudung segiempat - LaraHijab

Bahan adalah elemen penting yang harus diperhitungkan saat ukhti memilih kerudung segiempat. Itu karena bahan yang sejuk bisa menambah kenyamanan ukhti. Berikut adalah beberapa bahan kerudung segiempat yang dikenal adem untuk kulit:

Sutra

Sutra adalah bahan terbaik untuk segala jenis pakaian, termasuk kerudung. Bahannya adem dan memiliki tampilan yang indah. 

Voal

Voal, banyak kerudung segiempat terbuat dari bahan ini. Itu karena sifatnya tipis dan ringan. Voal juga tidak menyebabkan gerah. Karena itulah, kerudung segiempat dari voal dapat dikenakan sehari-hari.

Kashmir

Terbuat dari benang wol, kashmir memiliki tekstur yang cukup lembut dan adem. Bahan ini juga cukup tebal sehingga tidak terlalu menerawang. 

Katun

Terbuat dari serat alami, katun menawarkan sensasi dingin saat dikenakan. Kain ini juga mendukung sirkulasi udara dengan baik, sehingga pemakainya tidak mudah merasa gerah.

Linen

Linen terbuat dari serat tumbuhan rami. Bahan ini menawarkan kesejukan saat dipakai. Teksturnya pun lembut, namun gampang menjadi kusut.

Tips Kedua: Pilih Ukuran yang Tepat

Tips memilih kerudung segiempat - LaraHijab

Kerudung segiempat tersedia dalam berbagai macam ukuran. Pilihlah ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan ukhti agar kerudung tersebut nyaman saat dipakai nanti.

Jika salah pilih, ukhti tidak bisa memakainya dengan nyaman. Misalnya, ukhti terbiasa menggunakan hijab syar’i, maka memilih kerudung segiempat berukuran 110 x 110 cm bukan pilihan terbaik. Itu karena ukuran 110 x 110 cm kurang menutupi tubuh. Walhasil, ukhti pun merasa risih dan serba tak nyaman. 

Berikut adalah ukuran kerudung segiempat yang perlu ukhti ketahui:

  • 110x 110 cm
  • 115 x 115 cm
  • 130 x 130 cm
  • 150 x 150 cm

Tips Ketiga: Pilih Motif yang Tepat

Tips memilih kerudung segiempat - LaraHijab

Kerudung segiempat yang kaya motif memang elok dipandang, tapi membutuhkan padanan busana yang tepat. Biar aman, pilihlah motif yang berukuran kecil dan tidak terlalu ramai. Motif seperti ini cenderung cocok di-mix and match dengan apa saja. Jadi, ukhti bisa gunakan satu kerudung untuk berbagai baju berbeda.

Contohnya, kerudung segiempat yang memiliki motif garis pada bagian pinggir saja. 

Hindari motif besar yang menumpuk di satu tempat saja. Sebagai gantinya, ukhti bisa memilih kerudung segiempat dengan motif yang lebih kecil, namun tersebar secara merata atau memiliki pola teratur. 

Tips Keempat: Serasikan Warna Kerudung Segiempat dengan Warna Kulit

Tips memilih kerudung segiempat - LaraHijab

Bila ukhti memiliki kulit sawo matang, sebaiknya pilihlah kerudung segiempat yang berwarna cenderung gelap, seperti merah maroon, biru navy, cokelat tua dan semacamnya.

Adapun jika ukhti memiliki kulit berwarna gelap, maka ukhti dapat menggunakan kerudung segiempat berwarna cerah, seperti pink, kuning, biru muda atau yang lainnya.

Bagaimana jika memiliki kulit cerah? Jika ukhti memiliki kulit putih cerah, maka pilihan warna yang cocok adalah warna gelap. Sebaiknya hindari warna yang menimbulkan kesan pucat, seperti nude dan pastel. 

Lalu, jika ukhti memiliki warna kulit kuning langsat, ukhti dapat mengenakan kerudung segiempat berwarna cerah, seperti pink, biru muda, kuning dan semacamnya. Disarankan untuk menghindari warna cokelat muda ataupun emas (gold) karena dapat memberikan kesan kusam.

Tips Kelima: Pilihlah Merek Kerudung Segiempat yang Bagus

Tips memilih kerudung segiempat - LaraHijab

Merek juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Itu karena kerudung dari merek yang bagus cenderung lebih awet dan berkualitas.  

Tidak harus mahal, namun yang terpenting merek tersebut memiliki reputasi yang baik di kalangan konsumennya. Seperti apa contohnya? Coba cek merk kerudung segiempat yang bagus disini.

Memang, memilih kerudung segiempat itu seperti memilih sahabat. Harus ekstra hati-hati agar tidak bikin hati kecewa. Tapi, melalui 5 tips di atas, ukhti bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih kerudung segiempat. Yuk diterapkan. Mudah-mudahan bermanfaat ya!

Check Also

11 Style Pakaian Formal Wanita Berhijab

Saat ini dunia mode telah semakin berkembang dan maju, salah satunya ialah baju wanita. Tren …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × one =