Haji Furoda Ilustrasi : Haji

Haji Furoda 2022, Berangkat Haji Gak Pakai Antri!

Saat ini, kalau mendaftar Haji Reguler atau Haji Plus, maka Anda harus menunggu beberapa tahun untuk bisa berangkat. Tapi, kalau memilih Haji Furoda maka Anda bisa langsung berangkat. 

Apa itu Haji Furoda dan apa bedanya dengan Haji Reguler dan Haji Plus? Simak penjelasannya disini. 

Apa Itu Haji Furoda?

Haji Furoda Ilustrasi : Haji

Haji Furoda adalah program haji tanpa antri yang tidak memakai visa haji biasa sebagai akses masuk ke Tanah Suci. Program ini menggunakan visa khusus yang dinamakan Visa Furoda.

Visa Furoda sendiri merupakan visa yang disediakan khusus bagi calon jamaah haji yang mau ber-Haji menggunakan kuota pemerintah Arab Saudi.

Jika Anda belum tahu, ada 2 jenis visa Haji yang diterbitkan oleh Pemerintah Arab Saudi, yakni Visa Haji Furoda dan Visa Haji Undangan.

Visa Haji Furoda diterbitkan Pemerintah Arab Saudi untuk jamaah di seluruh negara. Sementara, Visa Haji Undangan diterbitkan dan diberikan kepada orang-orang khusus saja, yang disebut sebagai tamu istimewa kerajaan.

Untuk Visa Haji Furoda, para jamaah harus membayar paket programnya sebagaimana halnya Haji Reguler dan Haji Plus.

Sementara untuk Visa Haji Undangan, para jamaah tidak perlu membayar. Semuanya ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi. Tapi hanya orang-orang tertentu saja yang mendapatkan visa ini. 

Apa Bedanya Haji Furoda dengan Haji Reguler dan Haji Plus?

Haji Furoda Ilustrasi : Haji

Lalu, apa bedanya Haji Furoda dengan Haji Reguler dan Haji Plus? Bedanya, Haji Furoda tidak menggunakan kuota Haji RI. Jadi, kalau Anda memilih Haji Furoda, maka Anda tidak perlu mengantri panjang. Sebab, Haji Furoda menggunakan jatah kuota Haji Pemerintah Arab Saudi, bukan Indonesia.

Kuota Haji ini diberikan kepada siapa saja yang mau berangkat Haji melalui perantara Pemerintah Arab Saudi. Kuota ini rutin diberikan setiap tahun dan bisa dipakai oleh siapa saja penduduk dunia, termasuk warga Indonesia.

Tapi sebelum berangkat, para pendaftar Haji Furoda perlu menunggu persetujuan (diseleksi) pemerintah Arab Saudi terlebih dulu. 

Setelah mendapatkan visa dan izin dari Arab Saudi, barulah calon jamaah bisa masuk ke Arab Saudi.

Lantas, siapa yang bertanggungjawab untuk memantau dan mengawasi jamaah Haji Furoda?

Karena Haji Furoda menggunakan kuota Haji Pemerintah Arab Saudi, maka yang bertanggungjawab penuh adalah Pemerintah Arab Saudi. Pemerintah Indonesia tidak ikut-ikutan dalam memantau dan mengawasi program ini.  

Sekali lagi, yang bertanggungjawab penuh adalah Pemerintah Arab Saudi selaku penyelenggara ibadah Haji.

Semua mekanisme yang diikuti calon jamaah Haji Furoda, sejak awal keberangkatan sampai pulang, semuanya berada dalam otoritas pemerintah Arab Saudi. 

Lalu, bagaimana dengan status legalitasnya?

Apakah Haji Furoda Resmi?

Jangan khawatir, Haji Furoda merupakan program resmi dan legal dilihat dalam perspektif aturan imigrasi Pemerintah Arab Saudi. Memang, keterlibatan pemerintah Indonesia tidak banyak dalam program ini. Tapi, itu karena program Haji Furoda bukanlah program yang diakomodir oleh Pemerintah RI.

Program Haji yang diakomodir pemerintah RI adalah Haji Reguler dan Haji Plus. Adapun Haji Furoda merupakan jalur yang disediakan Pemerintah Arab Saudi, di luar kuota visa haji yang sudah dijatahkan kepada Kemenag RI atau haji nonkuota.

Program ini disalurkan melalui travel haji, yayasan, atau penyelenggara yang memiliki afiliasi dengan Pemerintah Arab Saudi. Jadi, seharusnya sih aman-aman saja kalau Anda memilih Haji Furoda.

Selama travel haji, yayasan, atau penyelenggara yang Anda pilih amanah, Insya Allah perjalanan Anda aman. Makanya, sangat penting untuk memilih travel haji yang amanah.

Tips Memilih Penyelenggara Haji Furoda

Bagaimana memilih travel atau penyelenggara Haji Furoda yang terpercaya? Diperlukan kecermatan agar tidak salah pilih. 

Sebelum berbagi tips, kami ingin mengulas sedikit berita negatif terkait pelaksanaan Haji Furoda. 

Anda mungkin sudah pernah dengar bahwa ada jamaah Haji Furoda yang ditipu, ditelantarkan, ditahan pihak imigrasi, dsb. Nah, Anda perlu tahu, bahwa beberapa kasus itu sebenarnya disebabkan oleh travel haji yang kurang amanah.

Jadi, masalahnya bukan terletak pada Haji Furoda, melainkan pada penyelenggara (travel, yayasan, dsb). 

Perlu diketahui, di luar sana ada travel yang tidak jujur. Mereka memberangkatkan jamaah Haji menggunakan visa ummal atau ziarah. Padahal, visa ummal dan ziarah tidak bisa dipakai untuk berhaji. Seharusnya, yang digunakan adalah Visa Furoda, inilah yang benar. 

Simak tips memilih travel / penyelenggara Haji Furoda berikut ini.

1. Menggunakan Visa Haji, Bukan Visa Ummal ataupun Ziarah

Ada saja penyelenggara atau travel yang memberangkatkan jamaah dengan visa ummal atau ziarah. Padahal, cara yang paling benar adalah menggunakan visa Haji.

Mengapa visa ummal dan ziarah tidak bisa dipakai untuk ber-Haji?

Karena, visa ummal diperuntukkan bagi pekerja yang mau bekerja di Arab Saudi. Sementara, visa ziarah diperuntukkan bagi mereka yang mau berkunjung ke Arab Saudi, misalnya untuk tujuan berwisata atau berbisnis. Intinya, kedua visa ini bukan untuk berhaji.

Dalam praktiknya, ada saja travel atau penyelenggara yang menggunakan visa ummal dan visa ziarah untuk memberangkatkan jamaah. Anda sebaiknya tidak memilih cara ini, karena rawan risiko, seperti gagal berangkat, penipuan, penelantaran, bahkan ditahan pihak imigrasi Indonesia atau otoritas Arab Saudi.

Jadi, pilihlah penyelenggara atau travel yang menggunakan visa Haji Furoda untuk memberangkatkan jamaah. Misalnya Aufa Tour.

Aufa Tour adalah penyelenggara yang menggunakan visa Haji Furoda / Mujamalah resmi yang terdaftar di E-Hajj Arab Saudi. Bahkan, dilengkapi dengan tasreh / izin untuk ibadah haji. Jadi, Anda bisa berangkat Haji dengan tenang.

Aufa Tour juga terdaftar di Kementerian Agama (PPIU Kemenag U120/2020). Insya Allah, Aufa Tour merupakan travel yang terpercaya. Jangan khawatir, kalau Visa Haji tidak terbit, maka uang akan dikembalikan 100%.

Aufa Tour bekerjasama dengan muthowif sesuai sunnah dan berpengalaman. Cek brosur di bawah untuk info selengkapnya.

Haji Furoda

Nah, bagi Anda yang ingin menghubungi Aufa Tour, silakan klik disini.

2. Travel Haji Memiliki Ijin dan Terdaftar di Kemenag

Travel Haji yang baik memiliki ijin dan terdaftar di Kemenag. Selain itu, reputasi juga penting. Apabila travel haji / penyelenggara sudah sering memberangkatkan jamaah dan tidak ada kasus penelantaran, penipuan, dan sebagainya, maka hal ini merupakan indikasi baik, bahwa travel haji tersebut bisa dipercaya.

3. Berani Memberi Jaminan

Travel Haji yang baik biasanya berani memberikan jaminan yang memihak kepada jamaah. Contohnya Aufa Tour menyediakan GARANSI UANG KEMBALI 100% apabila visa haji tidak terbit. Hal ini dapat mengurangi resiko kerugian yang ditanggung oleh jamaah. 

Haji Furoda Berapa Hari?

Bagi yang bertanya Haji Furoda berapa hari? Menurut beberapa sumber, pelaksanaan Haji Furoda adalah sekitar 19 – 30 hari. Tapi, ada kalanya durasi pelaksanaan Haji Furoda berlangsung lebih cepat.

Berapa Biaya Haji Furoda?

 

Berapa biaya program Haji Furoda? Biaya Haji Furoda berkisar antara USD 19000 (untuk fasilitas 1 kamar @4 orang) hingga USD 21000 (untuk fasilitas 1 kamar @2 orang). Tapi, Aufa Tour menawarkan biaya lebih bersahabat, yakni MULAI USD 17500. Klik disini untuk info lebih lanjut mengenai paketnya.

Secara umum, biaya Haji Furoda memang lebih mahal 2x lipat daripada Haji Plus. Jika dikonversi ke dalam rupiah, biayanya sekitar Rp 250 – 280 jutaan. 

Tapi, baik Haji Plus maupun Haji Furoda memiliki kelebihannya masing-masing. Misalnya, kalau ikut program Haji Furoda, maka Anda bisa berangkat lebih cepat. Tak perlu menunggu bertahun-tahun lamanya. Tidak perlu antri panjang. 

Setelah pendaftaran Anda disetujui Kementerian Haji Arab Saudi, Anda bisa langsung berangkat.

Jadi, silakan pilih cara mana saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika waktu bukan masalah, maka silakan mendaftar Haji Reguler atau Haji Plus. Tapi kalau mau cepat, Anda bisa mempertimbangkan Haji Furoda.  

Untuk Haji Furoda, silakan hubungi Aufa Tour.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Haji Furoda lengkap dengan durasi pelaksanaan dan estimasi biayanya. Kalau mau mendaftar Haji Furoda, Anda bisa menghubungi Aufa Tour yang merupakan travel Haji terpercaya. 

Aufa Tour bisa membantu Anda untuk berangkat Haji lebih cepat (lewat program Haji Furoda).

Check Also

Syarat dan Rukun Nikah

Syarat dan Rukun Nikah Dan Cara Agar Nikah Siri Diakui Negara

Ukhti, suatu pernikahan dianggap sah dalam Islam apabila memenuhi syarat dan rukun nikah. Kedua hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 1 =