Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah, Ada Kisah Asiyah Istri Fir’aun

Ada banyak kisah nyata Islami penuh hikmah yang bisa disimak. Pada artikel ini, ukhti diperkenalkan dengan beberapa kisah nyata islami penuh hikmah yang datang dari Asiyah. Beliau adalah istri Fir’aun yang memiliki karakter sholehah. 

Ada juga kisah tentang wanita sholehah berkulit hitam serta momentum tarawih berjamaah di Times Square New York yang sedang ramai disoroti dunia. Yuk baca kisahnya dan resapi hikmahnya. 

Berikut kisah nyata Islami penuh hikmah yang berhasil dihimpun Larahijab.

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah : Asiyah (1)

Salah satu kisah nyata Islami penuh hikmah dan mengharukan adalah kisah Asiyah istri Fir’aun. 

Asiyah binti Muzahim adalah seorang wanita sholehah yang namanya harum karena memiliki kepribadian yang terpuji. Ia beriman dan sangat taat kepada Allah SWT. Bahkan, ia sangat memegang teguh tali tauhid. Tapi suaminya, yaitu Fir’aun, justru kufur kepada Allah. 

Asiyah adalah wanita hebat keturunan para nabi yang gemar berderma, penyayang terhadap fakir miskin dan suka membela orang-orang yang lemah. Ia juga suka mendekatkan diri kepada Allah. Sebagian besar waktunya diisi dengan berdoa kepada Allah SWT. Bahkan, ia selalu mengingat dan memuji Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah membuat (menjadikan) Asiyah sebagai perumpamaan bagi orang-orang yang beriman:

“Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.” (QS At Tahrim: 11)

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah : Asiyah (2)

Kisah Asiyah yang banyak diketahui adalah ketika ia menyelamatkan Nabi Musa AS (bayi) yang dihanyutkan di sungai. Saat itu, Asiyah membawanya pulang dan melindunginya dari Fir’aun.

Asiyah mencegah Fir’aun yang hendak membunuh Nabi Musa AS. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an. 

“Dan berkatalah istri Fir’aun: “(Ia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak”, sedang mereka tiada menyadari.” (QS Al-Qashash : 9)

Setelah Nabi Musa AS beranjak dewasa dan diangkat sebagai Nabi, mulai nampaklah mukjizat-mukjizat yang Allah berikan pada diri Nabi Musa AS. Hal ini semakin mengukuhkan keimanan Asiyah kepada Allah SWT. 

Terlebih mengenai keyakinan, Nabi Musa AS juga memiliki keyakinan yang sama laiknya Asiyah. Nabi Musa AS menyembah Allah SWT. Dengan demikian, baik Asiyah maupun Nabi Musa AS sama-sama meyakini bahwa Tuhan hanya satu, yaitu Allah SWT. 

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah : Asiyah (3)

Menurut sumber sejarah, Asiyah menjalankan keyakinannya secara sembunyi-sembunyi. Ini dilakukannya agar tidak ketahuan Fir’aun. 

Suatu ketika, keyakinannya tersebut diketahui Fir’aun. Hal itu memicu kekesalan Fir’aun hingga ia tega menyiksa Asiyah, istrinya sendiri. 

Tapi Asiyah adalah wanita yang sholehah, ia menjunjung keimanan dan menjadikan tauhid kepada Allah adalah segalanya. Karena itulah, ia rela disiksa suaminya dan tidak melepas keyakinannya. Ia percaya bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Haqq (Benar). 

Penyiksaan yang dialami Asiyah sangat tidak manusiawi. Kedua tangan dan kakinya diikat, lalu ia ditelentangkan di atas tanah yang panas. Wajahnya yang cantik dihadapkan ke terik sinar matahari. 

Tapi Allah Yang Maha Mengetahui langsung menurunkan pertolongan untuknya. Atas seizin Allah, para malaikat menutup sinar matahari tersebut sehingga tidak terasa panas bagi Asiyah. 

Fir’aun masih saja meneruskan siksaan. Ia menyuruh prajuritnya untuk menjatuhkan sebongkah batu besar ke dada Asiyah. Tapi sebelum batu tersebut menyentuh tubuhnya, Asiyah berdoa kepada Allah SWT :

Rabbi ibnilii ‘indaka baitan fil jannah (QS At-Tahrim : 11)” 

Artinya : Ya Allah Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku di sisi-Mu sebuah rumah di Surga.

Seketika itu pula, Allah SWT langsung memperlihatkan sebuah gedung / bangunan terbuat dari marmer yang berkilau. Asiyah sangat bahagia, lalu ruhnya keluar dari tubuhnya sebelum batu tersebut jatuh menimpanya. Ini terjadi atas seizin Allah. Dengan demikian, Asiyah tidak merasakan sakit, karena ruhnya sudah dipanggil lebih dulu.

Kisah Asiyah mengilhami kita untuk memegang teguh keimanan sampai akhir hayat. Kita harus menjaga keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, apapun yang terjadi. 

Asiyah menerima berbagai macam siksaan Fir’aun, tetapi hatinya tetap teguh dan yakin pada Allah SWT. Ia tidak mau mengikuti perintah Firaun. Ia hanya tunduk kepada Allah Ta’ala. 

Karena keimanannya yang luar biasa, Asiyah pun diberi jaminan Surga. Bahkan, ia menjadi pemuka wanita ahli Surga. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW. 

“Pemuka wanita ahli Surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khawailid, dan Asiyah. (HR Hakim dan Muslim)

Dalam riwayat Al Bukhari, disebutkan pula bahwa keutamaan Asiyah laiknya keutamaan Tharid terhadap jenis makanan lainnya. 

Subhanallah, mudah-mudahan kita bisa meniru kebaikan Asiyah dalam menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah Ta’ala. 

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah dan Mengharukan

Kisah nyata Islami penuh hikmah yang berikut ini sedang menjadi headline di berbagai portal berita, yaitu sholat tarawih di Times Square, New York. Diketahui, ini adalah kali pertama umat Muslim melaksanakan sholat tarawih berjamaah di tempat tersebut. 

Momen ini berlangsung pada Sabtu (2/4/2022). Hal ini sangat mengharukan karena ini merupakan momen perdana sepanjang sejarah. Tentunya, ada hikmah yang bisa kita petik di dalamnya, salah satunya berkaitan dengan ukhuwah islamiyah. 

Momen ini menginspirasi kita untuk menguatkan persatuan dan persaudaraan di antara umat Muslim. Selain itu, hal ini mendorong kita untuk berani menampilkan identitas diri sekaligus memperkenalkan sisi Islam yang sesungguhnya, yaitu agama yang penuh kedamaian, penuh cinta dan rahmatan lil alamin.  

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah dan Menyentuh Hati

Kisah nyata Islami penuh hikmah lainnya datang dari seorang wanita sholehah berkulit hitam. Wanita ini merupakan ahli surga yang pernah berjumpa Nabi Muhammad SAW dan meminta doa untuk penyakitnya. 

Nabi menjawab, jika wanita itu sabar, maka ia akan masuk surga. Sementara, kalau ia memilih kesembuhan, maka hanya sembuh saja yang ia dapat. 

Tahukah ukhti, apa yang dipilih wanita tersebut?

Wanita itu menyukai surga, karenanya ia memilih untuk bersabar saja. Maka, ia meminta Rasulullah SAW untuk mendoakannya agar bisa bersabar. Ia juga meminta Rasulullah SAW untuk berdoa agar ia bisa menutup aurat, karena selama ini ia sulit menutup auratnya karena penyakit tersebut. 

Akhirnya, Rasulullah SAW pun mendoakannya. Dan, wanita itu pun menjadi ahli surga. Masya Allah…!

Bicara tentang doa, Rasulullah SAW juga pernah mengajarkan doa yang bisa dibaca saat tahajud, lho. Mau tau? Klik disini.

Kisah Nyata Islami Penuh Hikmah Tentang Mualaf

 

Kisah nyata Islami penuh hikmah berikutnya dikutip dari Gramedia.com. Kisah ini adalah cerita seorang profesor Matematika yang dulunya tidak mengenal Islam, tapi kemudian ia bermimpi menghadap Tuhan. 

Dalam mimpinya, ia bangun, membungkuk (seperti gerakan ruku’), lalu bangun lagi, kemudian meletakkan dahinya ke lantai (seperti gerakan sujud).

Dalam mimpinya itu, ia tidak sendirian, melainkan bersama banyak pria berbaris. Ia melihat orang di garis depan memimpin gerakan. 

Singkat cerita, saat menjadi dosen di Universitas San Fransisco, ia memiliki siswa beragama Islam. Siswa muslim tersebut memberinya terjemahan Al-Qur’an. Seketika, ia pun langsung mendapat pencerahan. 

Terlebih lagi pada kesempatan lain, ia juga melihat mahasiswa Muslim beribadah di ruang bawah tanah. Maka, hatinya semakin yakin untuk memeluk Islam. Semua petunjuk yang ia dapat seperti dikuatkan lagi melalui peristiwa-peristiwa yang ia jumpai.

Akhirnya, profesor tersebut mengucap dua kalimat syahadat dan menjadi mualaf. 

Kesimpulan

Itulah kisah nyata Islami penuh hikmah yang bisa menjadi cerminan dan pelajaran bagi kita. Masih banyak kisah nyata Islami penuh hikmah lainnya yang belum diceritakan disini. Barangkali ukhti mau berbagi?

Check Also

Syarat dan Rukun Nikah

Syarat dan Rukun Nikah Dan Cara Agar Nikah Siri Diakui Negara

Ukhti, suatu pernikahan dianggap sah dalam Islam apabila memenuhi syarat dan rukun nikah. Kedua hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − eight =