Artikel Amalan Ibu Hamil
Happy arab woman in hijab. Portrait of smiling girl, posing at green studio background. Young emotional woman. The human emotions, facial expression concept. Front view.

Amalan Ibu Hamil Yang Mudah Untuk Sehari-Hari

Saat hamil, ibadah harus tetap dijalankan sebaik mungkin. Bahkan, bumil bisa memperoleh pahala lebih dengan mengerjakan amalan ibu hamil. Apa saja amalan ibu hamil itu? Yuk cari tahu disini!. 

Amalan Ibu Hamil Supaya Mudah Melahirkan 

Sebenarnya, ada banyak amalan ibu hamil yang bisa mendatangkan pahala dari Allah. Sebagian besar amalan tersebut bahkan menjadi jalan untuk mempermudah persalinan lho. Salah satu amalan ibu hamil yang bisa dilakukan adalah berdoa dan berdzikir. 

Dengan berdoa dan berdzikir maka proses persalinan bisa menjadi lebih mudah. Karena pada saat berdoa, kita dapat dengan leluasa memanjatkan segala permohonan kepada Allah SWT. 

Tak hanya dalam bahasa ibu (Indonesia), ukhti juga bisa membaca doa Arab. Berikut adalah doa yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Wallahu akhrajakum mim buthuuni ummahaatikum taaratan ukhra

Artinya : “Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan)”. 

Sebagai tambahan, ukhti juga dapat membaca lima ayat terakhir Surah Al-Insyiqaq. Salah satu keutamaan membaca surah ini adalah mempermudah proses kelahiran. 

Dianjurkan pula selama kehamilan untuk tidak bergosip (ghibah), memfitnah, memperlakukan orang lain dengan buruk (contoh : membentak tanpa alasan), dan melakukan perbuatan buruk lainnya. 

Justru, ibu hamil mesti memperbanyak amal ibadah, seperti sholat lima waktu, sedekah, puasa Senin Kamis, berdzikir, mengaji, sholat sunah, beristighfar, dan lain sebagainya.

Amalan Ibu Hamil 7 Bulan 

Termasuk di dalam amalan ibu hamil 7 bulan adalah melanjutkan amalan-amalan di atas, seperti tidak bergosip atau membicarakan buruk tentang orang lain, tidak memfitnah, rutin berdzikir, dan lain sebagainya. 

Tapi ada baiknya kalau ukhti meningkatkan bacaan doa agar anak sholeh dan sholehah. Di dalamnya terdapat permohonan agar anak yang dilahirkan kelak memiliki akhlak yang sholeh dan sholehah. 

Dengan membaca doa agar anak sholeh dan sholehah, maka calon buah hati bisa memiliki kepribadian yang baik, senantiasa memuliakan orang tua, dan berguna bagi agama serta negara. 

Jangan lupa perhatikan asupan makan dan minum. Konsumsilah makanan dan minuman yang baik, halal, dan bergizi. Nutrisi yang baik akan mendukung kehamilan ibu serta tumbuh kembang anak. 

Contoh makanan yang baik adalah kurma. Buah khas Timur Tengah ini menyimpan banyak manfaat dan nutrisi di dalamnya. Kurma mengandung fruktosa alami yang menyuplai energi bagi ibu hamil. Jadi, makan kurma dalam jumlah cukup bisa mencegah kelelahan. 

Di dalam kurma juga terdapat kandungan serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk pencernaan karena dapat menjauhkan sembelit. Tak hanya itu, kurma juga mengandung asam folat yang bemanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Jangan lupa baca doa berikut agar kandungan dilindungi oleh Allah SWT. 

Allahu ya’lami maa tahmilu kullu untsaa wa maa taghiidhul arhaamu wa maa tazdaadu wa kullu syai’in ‘indahu bi miqdaar

Artinya : Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.

Membaca doa ini sama saja dengan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT. Dengan kata lain, kita pasrah kepada Allah namun tetap memohon agar janin di dalam kandungan kita sehat wal’afiat. 

Ada juga bacaan dzikir yang bisa dibaca setiap hari, yaitu istighfar dan tasbih :

Astaghfirullaahal’adziim, Subhaanallaah, Laa hawla wa laa quwwata illa billah

Amalan ibu hamil lainnya yang bisa dilakukan ialah membaca Surah Al-Anbiya ayat 87-88 dan Surah Ar-Rad ayat 28.

Surah-Al-Anbiya-dan-Surah-Ar-Rad (Amalan Ibu Hamil)

Amalan Ibu Hamil Setelah Sholat 

Dikutip dari Line, setelah sholat sebaiknya ibu hamil atau suami membaca Surah Al-Insyirah sebanyak 7x. Setelah baca surah Al-Insyirah, lalu tiupkan ke perut ibu hamil. 

Sangat baik apabila ukhti dan suami juga membaca dua ayat terakhir Surah Al-Baqarah dan Surah Al-Hasyr. Lalu, untuk menggenapinya bisa membaca istighfar dan kalimat dzikir, seperti Laa ilaha ilallah. 

Termasuk dalam amalan ibu hamil adalah membaca Surah Yusuf dan Surah Maryam. Keutamaan membaca Surah Yusuf adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon agar calon buah hati memiliki rupa yang indah kelak. 

Adapun manfaat membaca Surah Maryam untuk ibu hamil bisa dibaca disini

Selain itu, ukhti juga bisa membaca Surah Luqman yang salah satu keutamaannya adalah mendukung perkembangan otak bayi.

Hindari bermalas-malasan, latih diri untuk melakukan aktivitas ringan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melakukan olahraga kecil dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, mencegah varises, mengurangi stress, menekan resiko preeklampsia dan diabetes gestasional, serta menyiapkan tubuh untuk proses melahirkan.

Kesimpulan 

Itulah beberapa amalan ibu hamil yang bisa dikerjakan setiap hari. Insya Allah, dengan memperbanyak amal, ukhti bisa memperoleh kemudahan dalam persalinan. Hati pun menjadi jauh lebih tenang, karena ukhti banyak mengingat Allah. 

Yuk, amalkan agar memperoleh rahmat dan pertolongan Allah SWT. Disini kami pun turut mendoakan supaya ukhti mendapat anak yang sholeh & sholehah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 + thirteen =