Bunda Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Surah Maryam Untuk Ibu Hamil

Membaca Al-Qur’an saat hamil dapat memberikan manfaat bagi janin di dalam kandungan. Selain surah Yusuf, bunda juga bisa membaca surah Maryam. Surah ini bisa dibaca setiap waktu atau sehabis shalat 5 waktu. Lalu, apa saja manfaat surah Maryam untuk ibu hamil? Mari kita kupas disini!

Bacaan Al-Qur’an Untuk Ibu Hamil : Surah Maryam

Surah Maryam diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 98 ayat. Surah ini menceritakan tentang kisah Maryam dan putranya Nabi Isa Al Masih AS. Tapi, surah ini dibuka dengan kisah Nabi Zakariya AS terlebih dulu. 

Banyak pelajaran berharga tersimpan di dalamnya. Mulai dari keteguhan Nabi Zakariya AS dalam memohon kepada Allah SWT agar diberi keturunan hingga perjalanan hidup Maryam yang istimewa, yaitu melahirkan dan membesarkan Nabi Isa AS tanpa ayah. Maryam memang wanita pilihan, beliau hamil tanpa pernah dicampuri lelaki sedikitpun.  

Ada berbagai keutamaan membaca surah Maryam untuk ibu hamil. Apa saja? Yuk, simak disini!

10 Manfaat Membaca Surah Maryam Untuk Ibu Hamil 

Surah Maryam Untuk Ibu Hamil

Surah Maryam menyimpan keberkahan berlapis bagi yang membacanya. Bagi ibu hamil, manfaatnya tak terhitung dan mendatangkan pahala tak terbatas. Tapi kali ini LaraHijab hanya akan menjelaskan beberapa keutamannya saja. Berikut 10 manfaat membaca surah Maryam untuk ibu hamil.

Mempertebal keimanan kepada Allah SWT

Manfaat surah Maryam untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat memperkokoh keimanan. Surah Maryam mengandung pelajaran berharga tentang janji dan kekuasaan Allah serta hikmah dari kisah terdahulu yang dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. 

Dengan membaca Surah Maryam, kita akan bertambah yakin kepada Allah SWT, para malaikat, rasul dan nabi, kitab, hari kiamat, serta takdir dari Allah SWT. Allah pun akan menghiasi hati kita dengan iman dan takwa. Hidup pun dipenuhi barokah dan ketenangan.

Mempermudah proses persalinan

Kedua, membaca surah Maryam untuk ibu hamil dapat mempermudah persalinan. Surah Maryam berisi banyak doa, salah satunya doa Maryam ketika memohon kepada Allah agar dipermudah saat melahirkan. Hal ini bisa menjadi doa mustajab bagi ibu hamil yang mengharapkan kemudahan yang sama.

Selain itu, ayat-ayat Al-Qur’an memang menjadi jalan untuk memohon perlindungan (pertolongan) Allah. Karena itulah, mengaji bisa membantu melancarkan proses melahirkan.

Meningkatkan kecerdasan janin

Membaca surah Maryam dapat merangsang kecerdasan intelektual dan emosional janin. Dalam Surah Maryam, kita diperkenalkan dengan sosok nabi Isa AS yang taat kepada Allah juga penyayang terhadap ibunya. Diketahui pula bahwa nabi Isa AS merupakan pribadi yang cerdas, baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual. 

Hal inilah yang menginspirasi kita untuk membaca surah Maryam ketika hamil. Tujuannya, supaya Allah menganugerahi kecerdasan bagi anak-anak kita sedari masih dalam kandungan. Merupakan hal baik juga apabila diimbangi dengan ikhtiar, seperti minum air kelapa muda. Sebab, air kelapa muda diketahui memiliki efek yang baik bagi kesehatan ibu hamil.

Meningkatkan kesuburan kandungan

Dalam Surah Maryam terdapat kisah Nabi Zakariya AS yang belum juga dikarunia anak walau usianya sudah tua. Tapi beliau selalu memohon kepada Allah SWT. Dan, Allah pun mengabulkan doa Nabi Zakariya AS.

Tak lama setelah mengasuh Maryam sebagai anak angkatnya, Nabi Zakariya AS pun dikaruniai anak bernama Yahya AS. Yahya menjadi penerus kenabian Zakariya. Dari sinilah kita semakin yakin bahwa Surah Maryam menyimpan hikmah istimewa bagi ibu hamil, salah satunya bisa meningkatkan kesuburan.  

Memperkuat do’a agar nanti mendapatkan anak yang shaleh / shalehah

Manfaat Surah Maryam untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat menghindarkan anak (janin) dari sifat durhaka kepada Allah SWT dan orang tua. Sehingga, anak pun tumbuh menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. 

Selain itu, saat kita mengaji, Allah menurunkan rahmat-Nya, sehingga membuat janin di dalam kandungan kita diliputi kasih sayang. Saat besar nanti, anak pun akan sangat penyayang kepada kedua orang tuanya, Insya Allah.

Memperoleh pahala 

Manfaat Surah Maryam untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mendatangkan pahala. Saat membaca Al-Qur’an kita bisa memperoleh pahala berlipat ganda. Itu karena tiap huruf dari Al-Qur’an menawarkan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Luar biasa, ‘kan? 

Lebih sabar

Dengan membaca Surah Maryam, kita mengenal sosok nabi Zakariya AS yang penyabar. Beliau selalu memohon kepada Allah SWT agar diberikan keturunan. Suatu hari, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakariya. Beliau dianugerahi seorang putra yang berakhlakul karimah, yaitu Nabi Yahya AS.

Sama seperti Nabi Zakariya AS, jika kita bersabar terhadap suatu ujian Allah maka suatu hari kita akan mendapat keberkahan yang luar biasa. Hikmah ini benar-benar bisa menular kepada kita jika kita memaknai bacaan surah Maryam dengan sungguh-sungguh.

Mendapat perlindungan Allah SWT

Allah akan melindungi hamba-Nya yang rajin beribadah dan mencintai Al-Qur’an. Bagi ibu hamil, membaca Surah Maryam akan mendatangkan pahala. Selain itu, kita akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala macam godaan syaitan dan iblis yang terkutuk. 

Menambah wawasan tentang kekuasaan Allah SWT

Ayat-ayat Al-Qur’an memiliki sifat qauliyah dan kauniyah. Hal ini pun berlaku untuk surah Maryam. Coba perhatikan ayat-ayat surah Maryam, maka kita akan semakin memahami kebesaran Allah SWT. 

Kita akan mengerti bahwa kekuasaan Allah SWT tidak terbatas. Buktinya, isteri Nabi Zakariya AS yang diketahui mandul, ternyata bisa memiliki anak. Lalu, Maryam yang tidak pernah disentuh laki-laki, ternyata dapat mengandung. Sudah tentu semua ini terjadi atas izin Allah SWT sebagai tanda-tanda kekuasaan-Nya.

Mendapat ketenangan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Muhamad Salim dari Universitas Boston menunjukan bahwa mengaji dapat meningkatkan ketenangan hingga 65%. Masih ada banyak lagi keutamaan membaca Surah Maryam untuk ibu hamil. Karena pada dasarnya, keseluruhan Al-Qur’an menyimpan berkah dan kebaikan bagi para pembacanya. 

Kesimpulan 

Manfaat surah Maryam untuk ibu hamil sangat banyak. Tapi mari kita membaca surah Maryam dengan niat semurni-murninya karena Allah SWT, bukan karena semata-mata ingin mendapat manfaatnya. Yakinlah bahwa Allah SWT akan memberikan balasan yang terbaik bagi kita. 

Mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan dikaruniai keturunan yang baik, shaleh dan shalehah. Aamiin Ya Robbal Alamiin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 + 9 =