Makan Indomie Saat Hamil

Makan Indomie Saat Hamil Berbahaya? Cek Faktanya Disini!

Pernah lapar dan ingin makan indomie saat hamil? Nah, kira-kira keputusan bunda untuk makan indomie saat hamil tepat tidak ya? Jangan-jangan malah menimbulkan bahaya untuk diri sendiri dan janin yang dikandung. Biar tidak ragu-ragu lagi, simak penjelasannya di bawah ini!

Selama hamil, bunda memang harus menjaga segalanya, mulai dari aktivitas hingga asupan makan. Tak baik jika bunda masih berkutat dengan kegiatan yang menyibukkan diri atau tinggi mobilitas. Olahraga pun mesti dibatasi.

Namun, bunda dapat memperbanyak ibadah. Bunda bisa mengisi hari-hari dengan membaca surah Yusuf atau surah Maryam. Manfaatnya banyak lho, LaraHijab pernah membahas manfaat surah Maryam untuk ibu hamil disini.

Selain itu, bunda perlu memperhatikan asupan makan. Itu karena apapun yang bunda makan berpengaruh langsung terhadap perkembangan janin.

Apalagi, bunda tidak cuma memberi makan untuk diri sendiri saja, tetapi juga untuk calon buah hati. Makanya, makanan yang bunda pilih harus sehat dan bergizi.

Indomie atau merek mie instan lainnya, seringkali tidak banyak memiliki nutrisi. Kalaupun ada vitamin dan mineral maka jumlahnya sangat minim. Itu karena mie berbahan dasar tepung, sehingga kandungan karbohidrat lebih tinggi ketimbang nutrisi lain.

Meski telah difortifikasi (diperkaya) dengan vitamin dan mineral, tapi jumlahnya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Belum lagi bicara soal kandungan zat kimia berbahaya di dalamnya, seperti penyedap dan pengawet. Bunda tentu setuju kalau mie instan bukan makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari, bukan?

Alih-alih mengonsumsi mie instan, sebaiknya perbanyak makan makanan segar, seperti ikan, daging, buah, sayur, dan lain-lain. Nutrisi yang terdapat pada makanan segar jauh lebih lengkap dan menyehatkan lho.

Nah, kalau tidak kuat menahan godaan indomie, gimana? Coba simak aturannya di bawah ini!

Berapa Kali Dalam Seminggu Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?

Makan Indomie Saat Hamil
Source : Freepik

Kalau betul-betul ingin makan indomie saat hamil, maka sebaiknya batasi konsumsinya hanya 1x dalam seminggu. Beberapa ahli bahkan merekomendasikan agar mie instan tidak dikonsumsi lebih dari 1x dalam sebulan.

Menurut dr. Benny, seorang spesialis kandungan di RSIA Brawijaya Jakarta, kebiasaan makan mie instan perlu dibatasi karena bisa berdampak negatif bagi tumbuh kembang bayi.

Kandungan penyedap dan pengawet di dalam mie instan berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Itulah mengapa bunda hanya disarankan makan indomie sebanyak 1x tiap bulan. Nah, aturannya sedikit berbeda jika usia kehamilan bunda masih muda. Simak di bawah ini!

Aturan Makan Indomie Saat Hamil Muda

Makan Indomie Saat Hamil
Source : Freepik

Bunda perlu tahu, bahwa masa awal kehamilan merupakan momen emas saat sel otak janin bertumbuh dengan pesat. Ini berarti, bunda mesti mendukung tumbuh kembangnya dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Makan indomie saat hamil muda bukanlah keputusan yang bijak. Sebab, indomie tidak termasuk dalam kategori makanan sehat nan bergizi. Jadi, sebaiknya bunda hentikan dulu konsumsi indomie saat usia kandungan masih sangat dini.

Lalu, bagaimana kalau ngidam? Kalau begitu, apa boleh buat. Silakan mencicipi indomie, tapi dalam jumlah yang wajar ya.

Supaya lebih aman, gunakan bumbu / MSG dalam indomie tersebut setengah takar saja. Atau, bunda bisa membuat bumbu sendiri dari rempah-rempah di dapur. Cara ini lebih aman dan sehat.

Jika bunda ikuti saran di atas, maka bunda bisa terhindar dari resiko gangguan kehamilan saat makan indomie.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan Campur Telur?

Sekarang, bunda mungkin punya pertanyaan seperti ini : bolehkah ibu hamil makan mie instan (indomie) campur telur?

Jawabannya adalah boleh. Jika bunda menambahkan protein, seperti telur, daging dan seafood ke dalam indomie, maka hal ini akan menambah nilai gizinya. Sekarang, mie kesayangan bunda tidak cuma mengandung karbo, tetapi juga menawarkan banyak nutrisi – karena diberi tambahan protein tadi.

Bunda juga bisa menambahkan sayuran sehat seperti sawi, bayam, wortel, tomat, dan lain-lain. Sayuran bisa menjadi sumber serat yang baik untuk tubuh. Tapi, sayuran harus dimasak sampai benar-benar matang agar aman untuk dikonsumsi.

Bahaya Keseringan Makan Indomie Saat Hamil

Memang rasa indomie yang nikmat bikin ibu hamil tetap nekad mengudapnya. Padahal, makan indomie saat hamil bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Berikut 5 dampak buruk sering makan indomie saat hamil :

Keguguran

Selain natrium, indomie memiliki beberapa zat kimia yang kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa berbahaya. Tahukah bunda, beberapa diantara zat kimia tersebut ada yang bisa menembus plasenta?

Padahal, plasenta berfungsi menyuplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin. Kalau sampai kemasukan zat kimia berbahaya, bisa bayangkan apa yang terjadi? Tentu hal ini bisa memengaruhi kondisi janin dan memicu berbagai resiko kehamilan.

Acid Refluks

Makan indomie saat hamil juga bisa menyebabkan acid refluks. Hal ini pernah dialami artis Tasya Kamila. Saat mencoba makan mie instan, asam lambungnya tiba-tiba naik sampai ia muntah.

Jika bunda pernah mengalami hal serupa, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan makan indomie saat hamil. Bunda tentu menginginkan yang terbaik untuk kesehatan janin, bukan?

Hipertensi

Makan indomie saat hamil juga bisa memicu hipertensi (tekanan darah tinggi). Itu karena mie instan mengandung kadar garam yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka hal ini dapat meningkatkan resiko hipertensi. Bahkan, bisa juga memicu komplikasi kehamilan preeklamsia.

Menaikan Berat Badan

Bunda tentu tidak mau lingkar pinggang melebar gara-gara banyak makan indomie, bukan? Faktanya, satu bungkus indomie mengandung kalori 5x lipat lebih banyak daripada nasi putih. Asupan kalori yang berlebih ini dapat berubah menjadi lemak di dalam tubuh lho.

Meningkatkan kadar gula darah

Makanan yang memiliki indeks pati tinggi bisa memicu peningkatan gula darah dalam waktu cepat. Indomie termasuk makanan yang memiliki indeks pati tinggi. Seperti yang diketahui, bahan penyusun terbesar mie adalah tepung. Inilah yang dapat memperburuk resiko diabetes bunda.

Bagaimana, masih tertarik untuk makan indomie saat hamil?

Kesimpulan

Artikel ini tidak ditujukan untuk menyudutkan indomie. Karena apapun mereknya, mie instan tetaplah makanan yang minim nutrisi.

Seperti mie instan lain, indomie hanya memuaskan rasa lapar sementara waktu saja. Karena itulah, para spesialis kandungan tidak menyarankan bunda untuk makan indomie saat hamil.

Tenang saja, masih banyak kok menu sehat yang bisa dijadikan pengganti. Tentunya, dengan rasa yang tak kalah lezat. Mari, jaga kandungan dengan menjaga asupan makan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

two × one =