Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda? Ternyata Begini Kata Dokter!

Tak hanya enak, air kelapa muda juga menawarkan banyak manfaat. Di dalamnya tersedia ragam nutrisi bagi tubuh. Tapi, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda? Apakah kandungannya tidak membahayakan bagi kesehatan janin? Yuk cari tahu!

Air Kelapa Muda, Rasanya Enak Manfaatnya Banyak 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda
Source : Freepik

Dilansir Healthline, air kelapa muda mengandung banyak nutrisi. Dalam 240 ml saja, terdapat 3 gram serat, 15 gram karbohidrat, dan 10% (dari RDI) vitamin C.  

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung elektrolit, yaitu mineral bermuatan listrik yang bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Dengan begitu, tubuh terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan). 

Bagi ibu hamil, elektrolit bisa mengurangi efek muntah parah saat morning sickness. 

Tak hanya itu, kandungan vitamin dan mineral alami dalam air kelapa juga sangat baik untuk kesehatan. 

Air kelapa muda mengandung kalsium, natrium, kalium dan fosfor yang membawa muatan listrik dalam tubuh sekaligus menawarkan berbagai khasiat kesehatan. Diantara khasiatnya adalah menjaga keseimbangan cairan, menjaga tekanan darah, menjaga pH tubuh, dan mendukung kesehatan otot.

Jadi, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda? 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda? Ini Jawaban Para Ahli!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda
Source : Freepik

Selama dikonsumsi dalam batas wajar, air kelapa muda tidak membahayakan janin dan kesehatan ibu hamil. Justru, minum air kelapa muda sangat baik bagi ibu hamil.

Menurut dr Sarah Rizqia, air kelapa bisa memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil yang cenderung meningkat. 

Dilansir Liputan 6 dari Institute of Medicine, ibu hamil perlu konsumsi air setidaknya 3 liter per hari. Nah, air kelapa muda bisa bantu mencukupi lonjakan kebutuhan tersebut. 

Tapi, konsumsi air kelapa muda saja tidak cukup. Ibu hamil tetap perlu asupan cairan dari air putih dan buah-buahan. 

Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK mengingatkan agar tidak mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan. Itu karena air kelapa mengandung kalium. Dalam jumlah banyak, kalium dapat mengganggu fungsi jantung. 

Kendati demikian, air kelapa muda tetap menyediakan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan, air kelapa muda mendukung peningkatan volume darah, cairan ketuban, serta sirkulasi janin. 

Lantas, kapankah ibu hamil boleh minum air kelapa muda? Apakah hanya boleh pada trimester tertentu saja? Berikut ulasannya dikutip dari Alodokter.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda di Trimester Pertama?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda
Source : Freepik

Tidak ada larangan bagi ibu hamil minum air kelapa muda ketika usia kandungan masih 1-3 bulan. Menurut dr. Nadia Nurotul, rasa segar dari air kelapa muda justru dapat mengurangi rasa mual. 

Kandungan gizinya yang tinggi juga menjaga keseimbangan cairan dan bantu mencegah dehidrasi. Dengan minum air kelapa, stamina pun lebih baik. Alhasil, tubuh terasa segar. 

Bagi ibu hamil, manfaat air kelapa juga sering diasosiasikan positif dengan perbaikan metabolisme.

Bagi ibu hamil yang mengalami sembelit pada trimester pertama juga dapat terbantu dengan minum air kelapa. Air kelapa muda bisa membantu melancarkan BAB. Selain itu, air kelapa muda juga sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Jadi, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda saat trimester pertama? Tentu boleh. Tapi perlu diingat, tidak dalam jumlah banyak (berlebihan). Jika muncul reaksi alergi segera konsultasikan dengan dokter.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda di Trimester Kedua?

Saat kandungan memasuki usia 3-6 bulan, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda? 

Kabar baiknya, tidak ada larangan untuk hal ini. Maka, bumil boleh minum air kelapa muda tanpa rasa khawatir. Tetapi dengan sebuah catatan, yakni konsumsinya harus dibatasi. Disarankan untuk mengonsumsi  sekitar 1-2 gelas saja dalam sehari.

Dengan rutin minum air kelapa muda, bumil bisa terhindar dari dehidrasi. Sistem tubuh tidak akan terganggu. Selain itu, air kelapa muda juga membantu peredaran darah dan membersihkan racun dalam tubuh. 

Jika dikonsumsi bersama makanan sehat, maka sistem kekebalan tubuh juga bisa meningkat. Jadi, silakan minum air kelapa muda tapi imbangi dengan asupan nutrisi yang cukup. 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Saat Hamil Tua?

Aktris Natasha Rizky memilih untuk mengonsumsi air kelapa muda di trimester akhir. Alasannya, janin sudah lebih kuat sehingga tidak berbahaya bila terjadi kontraksi akibat konsumsi air kelapa. Bagaimana menurut ukhti?

Boleh saja kalau ukhti mencoba hal yang sama. Tapi konsumsi air kelapa di masa awal kehamilan juga tak kalah baik. 

Pada dasarnya, air kelapa muda memasok nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jadi, tak mengapa jika dikonsumsi saat awal, tengah, maupun akhir masa kehamilan.

Tapi Carley Mendes, seorang nutrionist holistik, memberi catatan agar bumil berhenti minum air kelapa 14 hari menjelang operasi caesar. Sementara, bagi yang ingin melahirkan normal dapat mengonsumsi air kelapa muda untuk mencegah dehidrasi. 

Jadi, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda saat hamil tua? Jawabannya boleh, tapi tetap perlu dibatasi. Penting bagi bumil untuk mengimbangi konsumsi air kelapa muda dengan asupan air putih yang cukup. Selain itu, bumil perlu asupan nutrisi dari  makanan bergizi untuk menjaga stamina tubuh. 

Kesimpulan

Bunda tak perlu ragu untuk mengonsumsi air kelapa muda saat hamil. Sebab, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil sudah terbukti sejak lama. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, air kelapa muda bisa menjadi teman baik ibu hamil. 

Jadi, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda? Jawabannya boleh ya bun. Lantas, bagaimana dengan mie instan? Bolehkah ibu hamil makan mie instan, cari tahu jawabannya disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9 + nineteen =