Doa Setelah Sholat

4 Doa Setelah Sholat Yang Indah dan Meneduhkan Hati

Setelah sholat jangan lupa memanjatkan doa. Doa setelah sholat menjadi penghubung antara kita dengan Allah SWT. Kita bisa berkomunikasi langsung untuk menyampaikan isi hati, hajat atau keinginan kepada Allah SWT.

Keutamaan doa setelah sholat sangat banyak, diantaranya membersihkan kalbu dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Selain itu, dengan berdoa hati pun menjadi jauh lebih tenang dan berhiaskan kasih sayang.

Sebaliknya, kalau tidak berdoa, justru mendapat murka Allah.  

Rasulullah SAW bersabda : 

Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya.

(HR Ibnu Majah)

Berdoalah sepanjang waktu, termasuk setelah sholat. Berikut adalah beberapa doa setelah sholat yang bisa ukhti baca. Insya Allah, doa setelah sholat ini bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, juga menjadi sebab tercapainya hajat / keinginan kita.

Doa Setelah Sholat Subuh

Ukhti, tiada keberhasilan yang terwujud karena jerih payah belaka. Di baliknya, ada ketentuan Allah dan doa yang terus dipanjatkan kepada Illahi. Karenanya, awali hari dengan berdoa.

Sehabis sholat Subuh, duduklah di atas sajadah dan berdoalah. Berikut adalah doa setelah sholat Subuh yang bisa ukhti panjatkan. 

Pertama-tama kita bisa mengucap tasbih dan tahlil. Dianjurkan juga membaca dzikir berikut sebanyak 10x : 

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiit wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir. 

Artinya : Tidak ada Tuhan selain Allah SWT yang tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Allah Maha Menghidupkan dan Mematikan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kita bisa membaca sayyidul istighfar berikut ini. 

Allahumma anta robbi, laa ilaha illa anta kholaqtani wa ana ’abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika, wa wa’dika mastatho’tu. Audzu bika min syarri ma shona’tu abu’u laka bini’matika ‘alayya, wa abu’u bidzambi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuba illa anta

Artinya : Ya Allah Ya Tuhanku, Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau, Ya Allah. Engkau yang menciptakanku, aku adalah hamba-Mu, aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sesuai kemampuanku, aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan yang ku perbuat. Kepada Engkau aku mengakui segala nikmat-Mu kepadaku. Aku mengakui dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau, Ya Allah. 

Lanjutkan membaca doa berikut untuk memohon keberkahan. 

Allahumma inni as ‘ aluka ilmaanafi’aa wa rizqon thoyyibaa wa amalan mutaqobbalan

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada Engkau : ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima. 

Kemudian, membaca doa memohon rezeki : 

Allahummak-finii bi halaalika ‘an haroomik wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya : Ya Allah, cukukpkanlah aku dengan apa yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia Engkau (dan jagalah aku) dari bergantung kepada selain Engkau. 

Setelah itu membaca dzikir Subhanallahil ‘azhimi wa bi hamdihi sebanyak 100x atau semampunya. 

Doa Setelah Sholat Tarawih dan Witir

Doa setelah sholat Tarawih biasa dikenal dengan nama doa kamilin. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar kita diberi berbagai kebaikan dunia dan akhirat. Termasuk di dalamnya memohon agar semua amal ibadah kita diterima oleh Allah. 

Dikutip dari NU Online, berikut doa setelah sholat Tarawih Arab, Latin, dan Artinya. 

Doa Setelah Sholat Tarawih

Allahummaj’alna bil iimaani kaamiliin, wa lil-fara ’idhi mu’addiin, wa lish sholati hafizhiin, wa lizzakati fa’iliin, wa limaa ‘indaka thalibiin, wa li ‘afwika raajiin, wa bil huda mutamassikiin, wa ‘anillaghwi mu’ridhiin, wa fiid dunyaa zaahidiin, wa fil aakhirati raaghibin, wa bil qadha’i radhiin, wa lin na’ma’i syakiriin, wa ‘alal bala’i shaabiriin, wa tahta lawa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallama yaumal qiyaamati saa’iriin, wa ilal haudhi wa ridiin, wa ilal jannati daakhiliin, wa minan-naari naajiin, wa ‘ala sariiril karomati qaa’idiin, wa min huurin ‘iin mutazawwijiin wa min sundusi(n) wa istabraqiin wa diibaajim mutalabbisiin, wa min tho’amil jannati aakilin, wa min labani(n) wa ‘asalim mushoffan syaaribiin, bi akwaabi(n) wa abaariiqa wa ka’sim mimma’iin. 

Ma’alladziina ‘an ‘amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash sholihiina wa hasuna ula’ika rafiqan dzalikal fadhlu minallahi wa kafa billahi ‘aliimaa(n). 

Allahummaj’alna fii hadzhihil lailatisy syahrisy syariifatil mubaarakati minas su’ada’il maqbuuliin wa la taj’alnaa minal asyqiyaa’il marduudiin

Artinya : 

“Ya Allah Ya Tuhanku, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya yang memenuhi kewajiban-kewajiban yang memelihara sholat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan,

yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridho dengan qadha-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami Nabi Muhammad SAW pada Hari Kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad SAW), yang masuk ke dalam Surga, yang selamat dari api neraka,

yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan Surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir dan cawan bersama dengan orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para Nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang-orang sholeh. 

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah SWT, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami termasuk orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta seluruh keluarga dan sahabat beliau.

Karena rahmat Engkau, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Setelahnya bisa membaca sholawat : wa shallallahu ‘ala muhammadin wa ‘alihi shahbihi ajma’in, birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamiin. 

Adapun doa setelah sholat Witir adalah sebagai berikut. 

Doa Setelah Sholat Witir

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan da’imaa(n), wa nas’aluka qalban khosyi’aa(n), wa nas’aluka ‘ilmaan nafi’aa(n), wa nas’aluka yaqiinan shodiqaa(n), wa nas’aluka ‘amalan sholihaa(n), wa nas’aluka diinan qayyimaa(n), wa nas’aluka khairan katsiraa(n), wa nas’alukal ‘afwa wal ‘aafiyah, wa nas’aluka tamamal ‘afiyah, wa nas’alukasy syukro ‘alal ‘aafiyah, wa nas’alukal ghinaa’a ‘anin naas(i). 

Allahumma robbana taqobbal minna sholatana wa shiyaamanaa, wa qiyaamanaa, wa takhusyu’ana wa tadhorru’anaa wa ta’abbudana wa tammimtaqshiiranaa ya Allah, ya Allah, Ya Allahu ya Arhamar Rahimiin, wa shallallahu ‘ala khairi khalqihi muhammadin wa ‘ala aalihi wa shohbihi ajma’iin wal hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin(a). 

Artinya :

“Wahai Allah Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau iman yang tetap, kami memohon kepada Engkau hati yang khusyuk, kami memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, kam meminta kepada Engkau keyakinan yang benar, kami memohon kepada Engkau amal yang sholeh, kami memohon kepada Engkau agama yang lurus. 

Kami memohon kepada Engkau kebaikan yang banyak, kami meminta kepada Engkau ampunan dan ‘afiat, kami memohon kepada Engkau kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada Engkau syukur atas kesehatan, dan kami meminta kepada Engkau terkaya dari semua manusia. 

Wahai Allah Ya Tuhan kami, terimalah dari kami sholat kami, puasa kami, sholat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami. 

Wahai Allah, Wahai Allah, Wahai Allah Ya Tuhan kami, wahai Dzat Yang Maha Penyayang diantara yang penyayang. Semoga rahmat Allah Ta’ala tercurahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya (yaitu) Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Doa Setelah Sholat Dhuha

Untuk mengetahui doa setelah sholat dhuha silakan klik artikel ini. Di dalam artikel ini juga dibahas mengenai tata cara sholat dhuha.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Selain doa setelah sholat dhuha, ada juga doa setelah sholat istikhoroh yang bisa dibaca untuk memohon petunjuk Allah SWT. Mau tahu? Yuk mampir ke artikel ini. Ada pula bahasan tentang tata cara melaksanakan sholat istikhoroh. 

Kesimpulan

Demikian, beberapa doa setelah sholat yang perlu diketahui. Masih ada banyak doa setelah sholat yang bisa dibaca. Kita juga dapat berdoa menggunakan bahasa ibu (Indonesia) untuk menyampaikan hajat dan segala isi hati di hadapan Allah Ta’ala.

Check Also

Bacaan Sholawat Nabi

9 Bacaan Sholawat Nabi Arab dan Latin Yang Perlu Diketahui

Melantunkan bacaan sholawat Nabi adalah salah satu amalan ringan tapi berpahala besar. Bahkan, amalan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

two × 1 =