Doa untuk Penyembuh Stress, Kecemasan dan Kesedihan - LaraHijab Cover

Dilanda Stress, Baca Doa Ini Agar Hati Menjadi Tenang

Jangan biarkan stress menguasai diri, karena dari situ bisa muncul penyakit hati.

Ukhti, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Tak mengapa, terkadang kita harus menghadapi stress. karena masalah memang tidak bisa dihindari. Dalam Islam, stress dipandang sebagai suatu ujian yang perlu dikelola dengan baik, bukan dibiarkan begitu saja.

Kenapa stress tidak boleh dibiarkan? Karena lama-kelamaan perasaan stress dapat memicu tumbuhnya penyakit hati, seperti rasa kurang bersyukur, iri, dengki, sampai putus asa. Pada kesempatan kali ini, izinkan LaraHijab berbagi doa penyejuk hati untuk ukhti yang sedang mengalami stress. Simak sampai tuntas ya!

Doa untuk Menghilangkan Stress, Kecemasan dan Kesedihan

Berikut adalah doa yang sangat baik dibaca pada saat kita mengalami stress, cemas, dan ketika merasakan kesedihan yang mendalam. Bacaan doa ini merupakan petikan dari Surah At-Taubah ayat 129: 

Doa Penyembuh Stress - LaraHijab

Untuk bacaan doanya bisa dimulai dari:

Hasbiyallahu laa ilaha illa huwa, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa robbul’arsyil ‘azhiim(i). 

Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada Tuhan yang Haqq kecuali Allah SWT. Hanya kepada-Nya aku berserah diri (bertawakkal) dan Allah SWT adalah Tuhan Pemilik ‘Arsy Yang Agung”

Disarankan ukhti membaca doa ini sebanyak 7 kali. Waktunya boleh kapan saja, baik setelah sholat, saat bepergian, maupun saat berbaring di tempat tidur. 

Cara Mengelola Stress 

Ada banyak masalah di dunia ini yang bisa menyebabkan stress. Tapi, jangan biarkan hal-hal tersebut menggoyahkan iman dan kecintaan ukhti kepada Allah SWT. 

Dalam Islam, perasaan stress perlu dikelola sebaik mungkin agar tidak menumbuhkan penyakit hati. Caranya bisa melalui sholat, berdoa, berdzikir (mengingat Allah SWT), mengaji, berbuat baik, sabar dan bersyukur.

Sholat

Saat mendirikan sholat, kita harus memusatkan seluruh konsentrasi pada Allah SWT. Pada saat inilah kita melupakan semua permasalahan yang sedang kita dihadapi. Jadi, rasa stress pun turut sirna bersama pikiran-pikiran negatif kita. 

Selain itu, sholat menjadi cara untuk kita mendekatkan diri sekaligus memohon pertolongan kepada Allah SWT. Maka, tak diragukan lagi kalau sholat bisa menjadi perantara sembuhnya stress.

Berdoa

Melalui kalimat doa, kita terhubung dengan Allah SWT. Melalui untaian kalimat doa, segala keinginan dapat tercapai. Jadi, sampaikanlah permohonan kita (meminta kesembuhan hati dari segala stress, cemas dan sedih) kepada Allah SWT. Insya Allah, doa kita akan segera dijabah.

Berdzikir

Mengingat nama Allah SWT  juga bagian dari cara menyembuhkan stress dan segala gundah hati. Cobalah mengucap kalimat Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar dan perbanyaklah menyebut nama-nama Allah yang indah (Asmaul-Husna). 

Mengaji

Menyembuhkan stress juga bisa dilakukan lewat mengaji. Itu karena Al-Qur’an merupakan penyembuh sempurna bagi segala penyakit, mulai dari penyakit hati, jasmani, penyakit dunia hingga penyakit akhirat. 

Berbuat Baik

Tak banyak yang tahu, bahwa berbuat baik dapat meredakan stress. Ketika ukhti melakukan kebaikan, misalnya bersedekah, hati pun menjadi lebih bahagia. Itu karena dengan berbuat baik, kita turut merasakan kebahagiaan orang yang kita bantu. Tak heran, kita pun merasa gembira. 

Sabar dan Bersyukur

Ukhti perlu melatih diri agar dapat ikhlas dengan ketentuan-Nya. Percayalah apapun yang diperoleh ukhti adalah yang terbaik dari Allah SWT. Syukuri apa yang tengah dimiliki sekarang. 

Pahami bahwa kepahitan datang bersama hal-hal yang manis. Setelah kesulitan, ada kemudahan. Iya kan ukhti?

Dijelaskan pula dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 155 sebagai berikut:

QS. Al-Baqarah ayat 155 (Arab dan Terjemahan)

Sebagaimana yang dijelaskan, Allah SWT menurunkan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Ya, Allah SWT senantiasa bersama orang-orang yang sabar. Jadi, tegarkanlah hati dan teruslah memohon pertolongan Illahi. Ingatlah ukhti, kamu tidak sendiri. (love).

Check Also

Bacaan Sholawat Nabi

9 Bacaan Sholawat Nabi Arab dan Latin Yang Perlu Diketahui

Melantunkan bacaan sholawat Nabi adalah salah satu amalan ringan tapi berpahala besar. Bahkan, amalan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − 14 =