Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah Yang Perlu Diketahui Orang Tua

Apa doa agar anak sholeh dan sholehah? Ada banyak sekali ukhti. Bahkan, di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa doa agar anak sholeh dan sholehah yang sering dipanjatkan para Nabi. 

Diantara doa yang termuat adalah doa Nabi Zakariya AS dan Nabi Ibrahim AS. Kita bisa membaca doa yang sama untuk memohon anak sholeh dan sholehah. Tenang saja,  doa-doa tersebut bisa dibaca sebelum hamil. Sebab, Nabi Ibrahim AS juga membaca doa memohon anak sholeh sejak beliau masih lajang alias belum menikah. 

Yuk disimak bagaimana bacaannya!

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Berikut adalah doa agar anak sholeh dan sholehah yang bisa dibaca bapak maupun ibu :

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Rabbi hablii minash sholihiin

Artinya : Ya Allah Ya Tuhanku, anugerahilah kami keturunan yang termasuk orang-orang yang sholeh.

Doa agar anak sholeh dan sholehah..

Robbana hab lanaa min ‘azwajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota ‘a’yuniw waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa(n).

Artinya : Ya Allah Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pandangan mata yang menyejukkan dari para istri dan anak keturunan kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Sebagai tambahan, ukhti bisa membaca doa yang diajarkan para ulama. Berikut adalah doa agar anak sholeh dan sholehah yang dimaksud.

Doa agar anak sholeh dan sholehah

Allahumma baariklanaa ‘auladinaa wa dzurriyyaatinaa wahfazh hum wa la tadhurro hum war zuqnaa birrahum.

Artinya : Ya Allah Ya Tuhan kami, berkahilah kami di dalam anak-anak dan keturunan kami, jagalah mereka (dari segala keburukan), jangan Engkau bahayakan mereka, dan berilah kami kebaikan mereka.

Doa Agar Anak Sholeh, Pintar dan Penurut

Selain doa di atas, ada juga doa yang perlu diketahui, yaitu doa agar anak sholeh, pintar dan penurut. Berikut bacaan doanya (dalam latin) :

Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyidan wa an-bit hu fil islami nabatan hasanan

Artinya : Ya Allah jadikan ia (anakku) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkan ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.

Dikutip dari Kumparan.com, ada juga bacaan doa yang berisi permohonan kepada Allah SWT agar menjaga keturunan kita dalam berbagai hal.

Allahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hikmatan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih bihimul ummah.

Artinya : Ya Allah Ya Tuhan kami, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka. 

Doa Agar Anak Sholeh Sejak Dalam Kandungan

Doa memohon anak sholeh juga bisa dipanjatkan sejak bunda masih mengandung lho. Berikut salah satu bacaan doa yang bisa dibaca ibu hamil :

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Rabbi ‘auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa ‘an a’mala sholihaan tardhahu wa ashlihlii fii dzurriyyatii inni tubtu ilaika wa inni minal muslimin

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertaubat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim. 

Untuk memohon kelancaran dalam kelahiran, baca doa :

Wallahu ‘akhrajakum mim buthuuni ‘ummahaatikum taarataan ‘ukhraa

Artinya : Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).

Doa agar anak sholeh dan sholehah yang dibaca bapak : 

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Allahummahfazh waladii maa dama fii bathni zaujatii wasyfihi ‘antas syaafii la syifaa’a illa syifa’uka syifaa’an laa yughoodiru saqamaan. 

Allahumma showwirhu fii bathni zauhatii shuurotan hasanah wa tsabbit qalbahu ‘imaanaa(n) bika wa bi rasuulika. Allahumma ‘akhrijhu mim bathni zaujatii waqta wiladatihaa sahlan wa tasliimaan. Allahummaj’alhu shohiihaan kamilan wa aqilan haadziqaan alimaan amilaan. Allahumma thowwil ‘umurohu wa shoh-hih jasadahu wa hassin khuluqohu wa ‘afshih lisaanahu wa ‘ahsin shoutahu  liqiroo’atil hadiitsi wal qur’anil azhiimi bi barokati muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallama walhamdulillahi rabbil ‘alamiin.

Artinya : 

Ya Allah Ya Tuhanku, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkanlah ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari Engkau, kesehatan yang tak terganggu penyakit. 

Bentuk ia (janin) yang ada di dalam perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu (dan) pada Rasul-Mu. Keluarkan ia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. 

Jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, perindah rupanya dan fasihkan lisannya untuk membaca Al-Qur’an yang agung dan hadits, dengan berkah nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.

Untuk memperbanyak amalan, ukhi juga bisa membaca Surah Yusuf dan Surah Maryam. LaraHijab telah membahas beberapa manfaat Surah Maryam untuk ibu hamil pada tautan ini.

Kesimpulan 

Itulah doa agar anak sholeh dan sholehah yang bisa dibaca sebelum maupun sesudah menikah, saat hamil maupun sesudah melahirkan. 

Yuk, kita panjatkan doa setiap hari agar Allah SWT memberikan kita generasi penerus yang sholeh dan sholehah, berkualitas baik (lahir dan batin), bersih hati dan akhlaknya, serta bisa memuliakan orang tuanya.di dunia dan akhirat kelak, Aamiin Ya Robbal Alamiin.  

Check Also

Bacaan Sholawat Nabi

9 Bacaan Sholawat Nabi Arab dan Latin Yang Perlu Diketahui

Melantunkan bacaan sholawat Nabi adalah salah satu amalan ringan tapi berpahala besar. Bahkan, amalan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × five =