Sholat Tahajud Jam Berapa?

Sholat Tahajud Jam Berapa? Ini Jawabannya!

Bagi yang bingung sholat tahajud jam berapa, sebetulnya sholat tahajud bisa dikerjakan sepanjang malam sampai hendak memasuki waktu Subuh. Tapi, ada waktu yang paling baik untuk mengerjakannya, yaitu sepertiga malam terakhir. Jam berapakah kiranya itu?

Dikutip dari Liputan6, waktu pelaksanaan sholat tahajud terbagi menjadi tiga. Berikut adalah penjelasannya. 

Sepertiga Malam Pertama

Sholat Tahajud Jam Berapa? Sepertiga Malam Pertama

Sholat tahajud bisa dikerjakan sejak selesai sholat Isya’ hingga pukul 10 malam. Rentang waktu ini dinamakan sepertiga malam yang pertama. Tapi, untuk melaksanakannya, kita harus tidur terlebih dulu meskipun hanya sebentar.

Mengenai rakaat, jumlahnya dibebaskan tapi minimal adalah 2 rakaat. Baiknya, ukhti menjalankan sholat tahajud secara istiqomah. Maksudnya, menjalankan sholat tahajud secara rutin, bukan hanya sesekali saja. 

Kalau belum bisa juga tak apa. Pada dasarnya sholat tahajud adalah ibadah tambahan yang bersifat sunnah. Jadi kalau dikerjakan bisa mendapat pahala, kalau tidak juga tidak berdosa. 

Jadi, sholat tahajud jam berapa? Bebas, yang penting setelah selesai sholat Isya’, dan diawali dengan tidur dulu. 

Sepertiga Malam Kedua

Sholat Tahajud Jam Berapa? Sepertiga Malam Kedua

Sholat tahajud juga bisa dilaksanakan pada waktu sepertiga malam kedua, yakni sekitar jam 10 malam sampai 1 malam. 

Sama halnya seperti tadi, kita diharuskan untuk tidur terlebih dulu sebelum mulai mengerjakan sholat tahajud. Lamanya tidur tidak masalah, boleh tidur sejenak, atau lama. Yang penting sempat tidur. 

Nah, sekarang tak usah bingung lagi soal sholat tahajud jam berapa, kita bisa mengerjakannya pada pukul 22.00 – 01.00 malam. 

Sepertiga Malam Terakhir

Sholat Tahajud Jam Berapa? Sepertiga Malam Terakhir

Nah, ini adalah waktu yang paling baik untuk melaksanakan sholat tahajud. Jika direntangkan, waktu ini adalah antara pukul 01.00 malam sampai menjelang Subuh. 

Sholat tahajud pada waktu ini lebih utama, karena Allah Tabaraka Wa Ta’ala turun ke langit dunia di saat sepertiga malam akhir. Sehingga, siapapun hamba-Nya yang berdoa, meminta, dan memohon ampun kepada Allah, maka semuanya akan dikabulkan oleh Allah. 

Hal ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim :

Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang beristighfar sehingga Aku ampuni dosanya?””. 

Tentunya, sebelum melaksanakan sholat tahajud, kita harus tidur terlebih dulu. Nah bagaimana, mau sholat tahajud jam berapa, ukhti?

Keutamaan Sholat Tahajud

Tadi sudah terjawab mengenai sholat tahajud jam berapa, sekarang waktunya kita mengetahui keutamaan sholat tahajud. 

Ada banyak sekali keutamaan ibadah yang dilakukan pada malam hari ini, namun hanya beberapa saja yang akan dibahas karena keterbatasan ilmu penulis. 

Pertama, sholat tahajud menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menaikan derajat diri.

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 79 dijelaskan mengenai hal ini : 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ

“Pada sebagian malam, hendaklah kamu bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji.” (QS Al-Isra’ : 79)

Dapat diketahui, bahwa dengan melaksanakan sholat tahajud, Insya Allah derajat kita akan terangkat. Dan, kita pun memperoleh pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Untuk mengetahui niat, tata cara dan bacaan doa sholat tahajud klik artikel ini ya. 

Kedua, sholat tahajud memiliki keutamaan seperti sedekah yang dilakukan secara rahasia (sirr). Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW: 

“Keutamaan sholat malam dibanding sholat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandingkan dengan sedekah terang-terangan”.

Ketiga, sholat tahajud menjadi ciri khas orang-orang sholeh. 

Keempat, sholat tahajud membersihkan kesalahan, menghalangi seorang hamba dari berbuat dosa, dan menolak penyakit dari badan. 

Berikutnya, Allah juga membanggakan hamba-Nya (yang sholat tahajud) kepada para malaikat. Semua doa kebaikan yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan, baik urusan dunia maupun akhirat, (maka) pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR Muslim)

Kesimpulan 

Itulah pembahasan mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud serta keutamaannya. Sekarang, tak usah bingung lagi mengenai sholat tahajud jam berapa karena sholat tahajud bisa dikerjakan sepanjang malam (dengan didahului tidur). Tapi yang paling utama adalah dikerjakan pada sepertiga malam terakhir.

Jadi gimana ukhti, mau sholat tahajud jam berapa? 

Check Also

Cara Sholat Istikhoroh

Cara Sholat Istikhoroh dan Doanya Untuk Mohon Petunjuk Allah SWT

Ukhti, terkadang kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sulit dalam hidup. Kita tidak tahu bagaimana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three + five =