Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslim dan Kesehatan Tubuh

Manfaat jilbab memang sangat banyak terutama bagi wanita muslim. Maka dari itu, wanita menurut pandangan Islam diwajibkan untuk mengenakan penutup kepala. Bukan hanya sekedar identitas wanita muslim, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat menggunakan jilbab menurut syariat Islam tentu datang dari perintah Allah SWT. Setiap wanita diharapkan menutup seluruh tubuh kecuali dua telapak tangan dan wajah. Nah, berikut adalah manfaat jilbab bagi wanita muslim dan kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Mengenakan Jilbab bagi Wanita Muslim

Seperti yang kita tahu menggunakan jilbab adalah perintah langsung dari Allah SWT. Perintah tersebut tentu bermaksud demi kebaikan manusia, khususnya bagi wanita tapi disini kita hanya akan membahas manfaatnya bukan dalil menutup aurat. Nah setelah membaca dalilnya Inilah beberapa manfaat mengenakan jilbab untuk seorang wanita muslim.

1. Mentaati Perintah Agama Islam

Memakai jilbab adalah sunah dari Rasullullah SAW dalam ajaran agama Islam. Ketika seseorang mengenakan jilbab maka dikatakan sudah mentaati perintah agama. Secara tidak langsung kita sudah mendekatkan diri kepada Allah, jika memang rutinitas dalam memakai jilbab.

2. Menutup Aurat

Manfaat menggunakan jilbab syar’i adalah untuk menutupi aurat bagi wanita muslim. Dalam hal ini seorang wanita tidak diperbolehkan untuk mengumbar kelekukan dada dan paha kepada orang lain, kecuali suami.

Cobalah belajar menutup aurat dengan menutup seluruh anggota tubuh dari kepala hingga kaki, kecuali telapak tangan dan area wajah. Gunakan pakaian yang longgar dan tebal agar tetap syar’i.

3. Terhindari dari Godaan Lelaki Centil

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan jilbab, maka jarang para lelaki akan menggoda dengan sangat centil atau tidak sopan. Justru Anda akan selalu dikelilingi oleh orang-orang yang baik.

Bahkan survey membuktikan bahwa laki-laki cenderung segan menggoda perempuan yang berjilbab dengan cara baik dan sopan. Bisa jadi berkat Anda berjilbab maka akan semakin didekatkan dengan jodoh.

4. Cantik dengan Berjilbab

Manfaat menggunakan jilbab bagi wanita muslimah adalah semakin terlihat cantik dan anggun. Apalagi kini model jilbab semakin kekinian dan modern, pastinya sangat menunjang penampilan Anda.

Menariknya jenis jilbab yang dijual di pasaran mampu mendukung bentuk wajah. Anda pun bisa menyesuaikan jenis jilbab dengan bentuk wajah baik bulat, oval, atau kotak sehingga semakin cantik.

Manfaat Menggunakan Jilbab bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sangka jilbab mampu membuat kesehatan tubuh semakin lebih baik. Penasaran bukan dengan hal ini? Berikut manfaat menggunakan jilbab bagi kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Mencegah Timbulnya Kanker Kulit

Seringkali kulit kita terpapar sinar matahari secara langsung. Hal semacam ini tentu akan berpotensi terkena kanker kulit. Berpakaian minim juga akan memicu kehilangan antibodi secara berkala, sehingga mampu menimbulkan kanker kulit.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa seorang wanita yang berpakaian sangat ketat dan transparan, maka mampu meningkatkan risiko kanker melanoma. Inilah salah satu dampak negatif membuka aurat yang serius bagi tubuh jadi tak ada salahnya berpakaian yang tertutup dan sewajarnya saja.

2. Menjaga Tubuh dari Udara Panas dan Dingin

Taukah Anda tubuh akan sangat sensitif terhadap perubahan suhu? Alangkah lebih baiknya jika mengenakan pakaian yang tertutup guna menghindari udara panas dan dingin.

Menurut para pakar, udara panas akan memicu risiko kerusakan otak. Sedangkan udara dingin yang terlalu lama menyebabkan penyakit seperti flu atau hipotermia.

3. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Terlalu sering terkena sinar matahari langsung akan mengurangi daya tahan tubuh. Jilbab akan mampu melindungi kulit kepala dan rambut tetap bersih, serta terhindar dari kotoran, bakteri dan virus.

Demikian beberapa manfaat jilbab bagi wanita muslim dan kesehatan tubuh. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Share: