Ketahui Cara Berjilbab Menurut Islam

Penting bagi wanita muslim untuk mengenali cara berjilbab menurut pandangan Islam. Pasalnya tak jarang wanita yang masih asal-asalan mengenakan jilbab, lantaran mengikuti trendy. Padahal jilbab memiliki tujuan utama untuk menutup aurat bukan sebagai gaya fashion yang kekinian.

Jilbab sendiri bagian dari hijab. Dimana hijab merupakan sesuatu yang menutupi tubuh. Mengenakan jilbab dan hijab secara benar harus dilakukan, seperti tips di bawah ini.

Tata Cara Berhijab Bagi Wanita

Perlu diketahui bahwa jilbab adalah hijab wanita, dan hijab belum tentu jilbab. Alangkah lebih cantik jika wanita memakai jilbab sesuai syariat Islam. Berikut adalah tata cara berhijab menurut Islam yang harus diterapkan.

1. Bagian Tubuh Tertutup

Setiap wanita muslim dianjurkan menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali telapak tangan dan wajah. Tidak memperlihatkan sedikitpun angota tubuh yang bukan mahromnya. Jadi, gunakan baju muslimah dan kerudung yang syar’i agar tertup rapat.

2. Kenakan Jilbab yang Longgar

Tata cara berjilbab menurut Islam seharusnya yang longgar dan besar. Sayangnya banyak orang yang mengenakan fashion jilbab seenaknya saja, seperti jilbab pendek dan ketat. Jangan sampai Anda tergoda dengan gaya jilbab model tersebut karena tidak baik.

3. Bahan Tidak Tembus Pandang

Pilihlah bahan baju dan kerudung yang tidak tembus pandang sesuau ajaran Islam. Bahkan pada zaman nabi terdahulu, wanita muslim selalu mengenakan busana berbahan tebal tanpa tembus pandang.

4. Model Tidak Berlebihan

Tata cara berjilbab dalam Islam selalu mengajarkan kita tentang kesederhanaan. Jangan terpaku dengan model jilbab yang mewah. Biasakan memakai jilbab yang sederhana dan tidak berlebihan dalam sehari-hari.

Jenis Jilbab Syar’i untuk Sehari-hari

Tata cara berhijab menurut syariat Islam sebaiknya menggunakan jenis jilbab syar’i.

Nah, syar’i sendiri bisa dikatakan sebagai menutup aurot bagi wanita. Beberapa jenis jilbab Syar’i yang paling rekomended untuk keseharian adalah sebagai berikut.

1. Blue Jasmine

Salah satu produk jilbab yang sedang trendi adalah Blue Jasmine. Jilbab ini dirancang untuk wanita muslimah yang cocok dipadukan dengan blouse dan celana kulot. Apalagi model Blue Jasmine sebagai jilbab instan cocok untuk dipakai sehari-hari.

2. Bergo

Anda mungkin sudah tak asing dengan model Bergo? Banyak wanita muslim yang mengenakan jilbab ini. Tentu saja jilbab ini paling pas untuk pelengkap busana kasual.

Pilihlah jilbab panjang agar sesuai dengan tata cara berhijab yg benar menurut Islam. Seperti bentuk jilbab Bergo yang menjuntai hingga menutupi bagian dada. Cobalah memadukan dengan long dress pasti akan semakin elegan.

3. Rabbani

Pilihan jilbab yang menutupi aurat supaya lekuk tubuh bagian atas tidak terlihat. Anda dapat memakai jilbab Rabbani yang cocok dikenakan untuk wanita muslim bertubuh pendek dan mungil.

Produk jilbab Rabbani juga tersedia dengan berbagai ukuran. Bahkan beragam warna menarik sehingga bisa dikombinasikan dengan busana muslim apapun.

4. Khimar

Rupanya jilbab Syar’i memiliki nama lain, yaitu Khimar. Awal kemunculan Khimar memang terlihat monoton. Tetapi sekarang Khimar menawarkan berbagai model dan warna sangat menarik.

Jilbab Khimar terbuat dari bahan katun sehingga paling pas digunakan saat santai. Jahitan model jilbab ini juga rapi, jadi tak ada salahnya dikenakan juga untuk menghadiri acara formal.

Bagaimana, Anda sudah paham cara berjilbab menurut Islam. Paling tidak Anda membiasakan diri untuk berpakaian yang tertutup dan rapi. Selain akan terlihat cantik, penampilan Anda pun semakin sopan.

Share: