Manfaat Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 Manfaat Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Salah Satunya Kemuliaan Dunia Akhirat

Tahukah ukhti, manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak. Hanya saja, kita sering terlambat menyadarinya. 

Seperti yang diketahui, Asmaul Husna mengandung nama-nama indah Allah yang penuh kemuliaan. Jika diamalkan dalam keseharian, maka hal ini bisa menguatkan iman dan takwa di dalam dada. 

Dengan menyebut nama-nama indah Allah maka kita pun akan lebih mengenal Kebesaran Allah. Kita semakin ingat pada kekuasaan Allah, Dzat yang tiada bandingannya. 

Manfaat Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Source : Pikiran Rakyat

Allah berfirman dalam surah Al Kahfi ayat 109 sebagai berikut. 

“Katakanlah : Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat – kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabbku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”. (QS Al Kahfi : 109)

Kalimat-kalimat Allah memang tak terhitung banyaknya. Hal ini juga seperti yang dijelaskan dalam Surah Luqman ayat 27.  

“Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (QS Luqman : 27)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Aku tidak mampu menghitung / membatasi pujian (sanjungan) terhadap-Mu, Engkau adalah sebagaimana (pujian dan sanjungan) yang Engkau peruntukkan bagi diri-Mu”.

Maka dari itu, kita harus senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir menggunakan kalimat Allah dan Asmaul Husna. Lalu, apa saja manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak disini!

10 Manfaat Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari Yang Jarang Diketahui 

1. Melindungi diri dari segala keburukan

Pertama, manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari adalah menghindarkan keburukan. 

Dengan mengimani Asmaul Husna berarti kita meyakini bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Allah adalah satu-satunya Tuhan Yang memiliki kekuatan dan kuasa atas alam semesta dan segala isinya. Jadi mudah bagi Allah untuk melindungi kita dari segala macam keburukan. 

Semakin banyak mengingat Allah, maka kita semakin dilindungi dari segala keburukan, Insya Allah. 

2. Memperoleh kebaikan dan kemuliaan di dunia dan akhirat

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah mendatangkan kebaikan dan kemuliaan bagi diri.

Bagi sebagian manusia, kemuliaan adalah suatu hal yang diidamkan. Kemuliaan yang utama berupa bertambahnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Orang yang diberi kemuliaan juga akan dicintai oleh Allah SWT. 

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa”. (QS At-Taubah : 7)

Senang sekali rasanya kalau kita bisa memperoleh semua kemuliaan ini, ya?

3. Menambah amalan

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah menambah amalan. Mengamalkan Asmaul Husna adalah bagian dari ibadah. Dalam Al-Qur’an bahkan terdapat perintah untuk berdoa menggunakan Asmaul Husna.

“Hanya milik Allah-lah Asmaul Husna (nama-nama yang Maha Indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka lakukan”. (QS Al A’raf : 180)

Selain dzikir Asmaul Husna, ukhti juga bisa menambah amalan dengan cara membaca Al-Qur’an. Saat hamil misalnya, ukhti bisa membaca Surah Maryam. Manfaat membaca surah Maryam untuk ibu hamil sangat banyak lho, selengkapnya baca disini ya!

4. Mendapatkan kemudahan dalam berbagai urusan

Kemudahan dalam berbagai urusan juga termasuk dari manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. 

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari memang berkaitan erat dengan kelancaran dalam urusan dunia dan akhirat. Karena itulah, jika kita mengharap kebaikan ini, sebaiknya kita menyertakan Asmaul Husna dalam setiap doa yang kita panjatkan. 

Hal ini seperti yang telah dijelaskan dalam Surah Al-A’raf ayat 180. 

“Hanya milik Allah-lah Asmaul Husna (nama-nama yang Maha Indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka lakukan”. (QS Al A’raf : 180)

5. Memperoleh pertolongan ketika menghadapi kesulitan

Selanjutnya, manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari adalah melapangkan kesempitan. Ketika kita menghadapi masalah, maka Allah akan menurunkan pertolongan untuk kita sehingga kita dapat melaluinya dengan baik. 

Kita tidak bersedih hati karena semua urusan kita akan ditangani, diatur, dan diawasi langsung oleh Allah. 

6. Dimudahkan dalam urusan hutang

Selain itu, manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari adalah memudahkan masalah hutang. Ketika kita membaca doa dan dibarengi dengan Asmaul Husna, maka Allah akan memberi jalan keluar untuk kita agar dapat menyelesaikan hutang. 

7. Dijauhkan dari kezaliman

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah menjauhkan perbuatan zalim. Setiap langkah kita akan dibimbing sehingga kita tidak melakukan hal-hal yang zalim. Selain itu, kita juga diberi pertolongan oleh Allah SWT dalam menghadapi orang-orang yang zalim. 

8. Mendapat ketenangan hati dan pikiran

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah menghadirkan ketenangan dalam hati dan pikiran. Kita tidak pernah merasa sendiri, tidak juga dihantui rasa cemas. Kita akan diberi kelapangan dalam menyikapi dinamika kehidupan. Hati pun selalu diliputi ketenangan dan kesabaran dalam menghadapi ujian . 

9. Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari yang berikutnya adalah menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Kita pun bertambah dekat kepada Allah SWT. Semua makhluk Allah pun akan mencintai dan menyegani kita. Bahkan, Allah juga menganugerahi keagungan, kecintaan dan karisma pada kita yang senantiasa mengamalkan Asmaul Husna.  

10. Menyembuhkan hati yang bersedih

Tiadalah bersedih hati orang-orang yang beriman. Ya, kebahagiaan juga termasuk dalam manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan Asmaul Husna, Insya Allah hati kita akan selalu dipenuhi cahaya, petunjuk dan rahmat Allah. 

Kesimpulan 

Demikan 10 manfaat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui. Masih banyak lagi manfaat-manfaat yang belum termuat dalam artikel ini. Yuk perbanyak amal shaleh dan amalkan Asmaul Husna dalam keseharian kita!

Check Also

Quotes Islami

30+ Quotes Islami Tentang Cinta, Motivasi, dan Kehidupan

Ukhti, bahagia itu terdiri dari banyak versi. Ada yang mengasosiasikannya dengan ketakwaan, keluarga, kekayaan, pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × three =