Skip to main content

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara Arab dan Latin

Menjelaskan dan memaparkan Doa Naik Kendaraan( Darat, Laut, Udara) Arab, Latin, serta Maksudnya yang Gampang buat di Hafalkan serta di Amalkan.

Doa Naik Kendaraan Merupakan Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna. Buat lebih jelas silahkan baca lengkap postingan ini.

Merupakan nikmat terbanyak yang diserahkan Allah SWT untuk manusia yakni ditundukkannya seluruh benda yang terdapat di langit serta alam untuk kebutuhan manusia.

Allah berfirman Allah dalam Al Quran surah Al Jaatsiyah ayat 13:

وَ سَخَّرَ لَکُمۡ مَّا فِی السَّمٰوٰتِ وَ مَا فِی الۡاَرۡضِ جَمِیۡعًا مِّنۡہُ

“Dan, dia menundukkan untukmu apa yang dilangit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya…” (QS. Al-Jaatsiyah ayat 13).

Kita amati serta lihat kalau seluruhnya materi yang terdapat di alam ini, baik yang hidup seperti fauna serta tumbuh- tumbuhan. Pula yang mati seperti langit, bumi, matahari, bulan, lautan, angin, gunung, serta yang lain sebagainya.

Seluruhnya ditundukkan untuk kebutuhan hidup manusia, selaku nikmat serta anugerah yang tidak terbatas nilainya.

Dari pepohonan serta tumbuh- tumbuhan, manusia dapat hidup, berlindung, serta merasakan kesegaran.

Dari hewan dan binatang, orang dapat menyantap dagingnya, meminum susunya, menggunakan bulunya memakai tenaganya, dan menjadikannya selaku tunggangan ataupun kendaraan.

Serta, dari barang- barang yang terdapat di dunia, orang dapat mengganti, memasak, serta memprosesnya jadi beberapa barang berguna serta bermanfaat sesuai dengan keinginannya.

Di antara benda bernilai yang diperoleh dari buatan besar manusia merupakan kendaraan. Bila waktu dulu orang cuma memahami kendaraan dari binatang ataupun fauna, semacam jaran, gamal, keledai, gajah, lembu, serta yang lain.

Saat ini ini orang sudah sanggup membuat kendaraan dari susunan barang- barang alam yang mempunyai mutu yang lebih cepat, lebih mutahir, lebih baik, serta lebih menarik. Mulai dari kendaraan darat, kendaraan laut, hingga kendaraan udara.

Adab Naik Kendaraan

Perihal yang pertama mesti kita pahami serta amalkan, kalau dalam melaksanakan segala macam aktivitas, kita wajib menguasai adab, etika, serta aturan- aturanya, serta tetap mengamalkannya dimanapun itu serta kapanpun itu. seperti itu pula pada saat kita lagi naik kendaran.

Meski dalam islam tidak dengan cara perinci terdapat ketentuan mengenai menaiki kendaran, tetapi ada firman allah yang mengarahkan kita buat tetap berharap kepadanya dikala menaiki kendaraan. seperti yang dipaparkan dalam Al Quran surah Az Zukhruf ayat 13- 14:

لِتَسۡتَوٗا عَلٰی ظُہُوۡرِہٖ ثُمَّ تَذۡکُرُوۡا نِعۡمَۃَ رَبِّکُمۡ اِذَا اسۡتَوَیۡتُمۡ عَلَیۡہِ وَ تَقُوۡلُوۡا سُبۡحٰنَ الَّذِیۡ سَخَّرَ لَنَا ہٰذَا وَ مَا کُنَّا لَہٗ مُقۡرِنِیۡنَ. وَ اِنَّاۤ اِلٰی رَبِّنَا لَمُنۡقَلِبُوۡنَ

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tukan kami.” (QS. Az-Zukhruf ayat 13-14).

Selain firman allah, terdapat pula suatu perkataan nabi yang membuktikan tindakan baik rosullullah saw disaat mengendarai kendaraannya( onta). Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa( Diriwayatkan dari sahabat Ali Ra), bahwasannya disaat Rasulullah naik onta maka akan membaca urutan doa selanjutnya:

1. Membaca“ Bismillah“

Rasulullah membaca“ bismillah”(بِسْمِاللهِ), pada disaat meletakkan kakinya di atas tunggangannya.

2. Membaca“ Alhamdulillah”

Rasulullah membaca“ alhamdulillah”(الْحَمْدُلِلَّهِ), pada saat dia sudah berdiri di atas punggungnya onta.

3. Membaca Doa Naik Kendaraan

Rasulullah membaca doa naik kendaraan( Pada saat itu naik tunggangan onta),

4. Berdzikir Sepanjang Perjalanan

Setelah itu senantiasa bedzikir kepada allah sampai sampai ditempat tujuan.

Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, dan Laut

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Doa Naik Kendaraan Latin
Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna.

Arti Doa Naik Kendaraan
“Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa naik kendaraan darat, laut dan udara

Keutamaanya membaca doa naik kendaraan

1. Perjalanan jadi nyaman serta aman hingga sampai tujuan.

Dengan mengawali membaca doa, otomatis batin terasa nyaman serta aman, karena kita semua tahu, sebaik baik pengawal dikala melaksanakan perjalanan merupakan perlindungan dari Allah SWT. Hingga dari itu seharusnya kita membaca doa supaya aman hingga ke tujuan.

2. Memperoleh pahala sebab mengamalkan kebaikan

Setiap semua doa memiliki pahala, keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT, Doa pula memiliki pengharapan untuk yang membacanya, maka banyak orang yang membaca doa buat dirinya sendiri atau orang lain.

3. Kendaraan darat yang dinaiki juga tidak mengalami kehancuran ataupun kendala dalam wujud apaun.

Sebab, doa ini memanglah diperuntukkan pula buat kendaraan yang kita naiki supaya tidak rewel dikala dibawa berkendara. Istilah lainnya terhindar dari hal hal buruk. Bayangkan saja, misalnya kita pergi kegiatan dan wajib on time, sebaliknya kendaraan yang kita tumpangi hadapi hal hal yang tidak kita mau. Bisa jadi, kita hendak kelebakan serta mungkin terburuknya kita bakal terlambat dan siap siap bisa kemarahan atasan pagi hari. Badmood sekali kan? Nah, buat menjauhi semua itu, maka kita wajib membaca doa naik kendaraan. Supaya semua berjalan baik baik saja.

4. Memperoleh bantuan ataupun jalan keluar dikala terdapat kendala di tengah jalan.

Nah nyambung di poin ke- 3. Misalnya ban kendaraan bocor, hingga hendak lekas menemui bengkel, ataupun terdapat orang yang membantunya. Serta, bila kehilangan gasolin, lekas menciptakan tempat jual gasolin ataupun pom. Intinya terdapat metode buat memperoleh bantuan kala bencana tiba mendatangi kita. Asal kita percaya, bantuan itu cuma tiba dari Allah SWT perantara orang ataupun yang yang lain.

5. Perjalanan dengan kendaraan darat terasa lebih cepat sampai ke tujuan.

Sangat nyaman serta amannya disaat menaiki kendaraan, sampai tidak siuman akan lebih cepat hingga ke tujuan. Sebab di dalam perjalanan kita membaca doa serta membuat kita merasa nyaman serta terpelihara.

6. Perjalanan juga memperoleh ridho Allah SWT.

Yap betul, sebab kita telah membaca doa naik kendaraan, perjalanan juga memperoleh ridho Allah, alhasil seluruh hendak berjalan dengan lembut tanpa halangan, karena kita telah memohon pengharapan supaya tercapainya tujuan dengan aman, pas serta kilat.

Nah, itu sebagian keterangan hal doa naik kendaraan dan seberapa berartinya membaca doa itu kala akan berjalan.

Mudah- mudahan dengan mengamalkan doa itu kita dijauhi hal hal kurang baik, serta didekatkan hal hal baik saja. Aamiin.

Tinggalkan Balasan